Tanda-Tanda Hamil 2 Bulan Yang Wajib Diketahui

Kehamilan merupakan anugerah untuk sebuah keluarga, terlebih lagi jika pada keluarga baru.Datangnya masa kehamilan bukan hanya sang ibu yang menjaga kehamilan, namun juga semua anggota keluarga. Anggota keluarga dan sang ibu sudah tidak sabar menunggu kelahiran sang janin. Sebelum lahir, janin mengalami beberapa pertumbuhan.Baik dari minggu, bulan, hingga lahir.

Salah satu periode penting untuk sebuah janin adalah usia kehamilan 2 bulan. Untuk mengetahui perkembangan janin umur 2 bulan, sang ibu harus mengetahui tanda-tanda hamil 2 bulan, sehingga setelah mengetahui usia kandungan, sang ibu akan mengonsumsi atau melakukan hal yang sesuai dengan umur kandungan. Berikut beberapa tanda-tanda hamil 2 bulan yang wajib anda ketahui :

  • Mual dan muntah

Mual dan muntah ini merupakan tanda-tanda hamil 2 bulan yang juga terasa di bulan pertama. Sebenarnya mual dan muntah ini akan terjadi pada sang ibu hingga umur janin didalam kandungan 3 bulan. Mual atau muntah ini biasa disebut dengan morning sickness.Untuk mengatasinya anda dapat minum air hangat setelah bangun tidur.

  • Sakit kepala

Sakit kepala merupakan tanda kehamilan yang paling umum terjadi.Dan sakit kepala ini juga terjadi di tanda-tanda hamil 2 bulan.Sakit kepala yang ibu alami karena jantung memompa darah 50 % lebih banyak, agar kebutuhan darah ibu dan janin didalam kandungan terpenuhi. Selain itu sakit kepala juga dapat terjadi karena adanya peningkatan hormon saat usia kehamilan 2 bulan.

  • Akan mudah lelah

Saat usia kehamilan mencapai 2 bulan, sang ibu akan mudah mengalami kelelahan. Tanda-tanda hamil 2 bulan ini terjadi karena badan ibu sudah mulai bersiap untuk menahan berat sang bayi. Dan pada saat umur 2 bulan, sang janin mulai menyerap makanan dari sang ibu, sehingga sang ibu mudah lelah, dan selalu ingin tidur. Untuk mengatasi hal tersebut sang ibu harus makan dengan kandungan gizi yang lebih banyak, agar asupan gizi ibu dan janin terpenuhi.

  • Berat badan naik dan perut membesar

Salah satu tanda-tanda hamil 2 bulan pada fisik adalah berat badan yang naik dan perut yang mulai membesar. Pada saat berumur 2 bulan sang bayi sudah mengalami pertumbuhan yakni badan semakin besar (membuat perut membesar), dan juga sudah mulai makan dari menyerap makanan ibu sehingga berat badan ibu naik. Hal ini merupakan hal wajar dan kabar menyenangkan. Jika usia kandungan anda 2 bulan namun tidak terdapat tanda tersebut segeralah anda bawa ke dokter kandungan.

  • Banyak makan dan ngidam

Belum puas rasanya jika ibu hamil tidak ngidam.Ngidam merupakan tanda-tanda hamil 2 bulan. Selain ngidam sang ibu akan banyak makan. Ini karena ibu tidak merasa kenyang, karena sang janin sudah dapat makan dari menyerap makanan yang dimakan sang ibu. Bagi para ayah tidak perlu khawatir dah jangan melarang ibu makan banyak, karena makan banyak dapat memberikan energi lebih pada sang ibu agar kuat menjalani aktivitas sehari-hari.

  • Sering buang air kecil

Diatas tadi sudah dijelaskan, tanda-tanda hamil 2 bulan diantaranya perut yang membesar.Perut membesar karena rahim membesar.Membesarnya rahim membuat kandung kemih tertekan dan membuat sang ibu sering buang air kencing. Hal ini merupakan hal wajar, anda tidak perlu khawatir.

Saat usia kehamilan 2 bulan, sang ibu harus banyak makan. Namun hanya makanan sehat saja yang dikonsumsi, karena makanan yang dimakan akan sangat mempengaruhi pertumbuhan sang janin yang ada didalam kandungan. Itulah beberapa tanda-tanda hamil 2 bulan yang dapat anda ketahui sehingga anda dapat mengonsumsi atau melakukan hal yang sesuai dengan umur kehamilan.

Save

Add Comment