Penyebab Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kantung Mata dan Cara Mengatasi – Kantung mata sangat mengganggu penampilan kita, munculnya kantung mata ini membuat seseorang tampil kurang percaya diri karena kantung mata ini memang mengganggu penampilan kita. Dengan adanya kantung mata ini, seseorang akan tampak terlihat lelah dan cenderung menjadi tua , karena kantung mata juga kadang menghasilkan keriput di sekitar mata. Kantung mata sendiri terjadi karena adanya pembengkakan yang dikarenakan oleh cairan di sekitar mata yang menumpuk. Sebenarnya cairan kantung mata di sekitar mata ini hanyalah bersifat sementara. Berbeda dengan cairan yang disebabkan karena penuaan yang terjadi.

Penyebab Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

Pada dasarnya, keberadaan kantung mata ini sangat mengganggu, terutama pada wanita. Tak jarang orang rela mengeluarkan sedemikian rupiah untuk menyembuhkan atau menghilangkan kantung mata agar penampilan tetap terjaga. Sebenarnya untuk menghilangkan kantung mata sendiri tidak perlu mengeluarkan uang yang lebih, anda bisa mengatasinya tanpa biaya yang mahal , cukup memerlukan kesabaran dan ketekunan. Sebelum berbagi tips tentang menghilangkan kantung mata, berikut adalah penyebab terjadinya kantung mata.

…sebelum lanjut baca, silahkan catat Artikel Rekomendasi ini  :

Apa yang Menjadi Penyebab Kantung Mata ?

  • Kurang tidur. Kurang tidur adalah penyebab utamanya munculnya kantung mata ini. Mengapa kurang tidur bisa menjadi penyebab utama ? Kurangnya waktu tidur dapat membuat pembuluh darah pada bagian bawah mata akan melebar dan menimbulkan warna gelap. Itu sebabnya mengapa faktor ini menjadi faktor utama terjadinya kantung mata.
  • Pola makan yang tidak baik. Disarankan untuk menjaga pola makan anda. Minum air mineral setidaknya 8 gelas sehari akan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Jangan lupa untuk memenuhi gizi makanan pada makanan yang akan anda makan, karena tubuh akan menjadi lemas dan berpengaruh pada kesehatan bila kekurangan cairan dan gizi, bukan hanya itu saja ini juga dapat mempengaruhi area bawah mata.
  • Alergi. Pada rinitis alergi, terjadi peradangan pada hidung yang disebabkan oleh reaksi alergi. Pada Gejala ini akan timbul bersin-bersin dan mata berair, serta  dapat diiringi dengan timbulnya kantung mata dan lingkar hitam di bawah mata.
  • Penuaan. Penuaan bisa sangat menjadi faktor penyebab munculnya kantung mata, seiring bertambahnya usia pada seseorang, otot otot pada mata akan melemah. Pada kulit wajah akan mengendur dan cairan akan mulai berkumpul di sekitar bawah mata. Bukan hanya itu saja, lemak pun juga akan memenuhi ke daerah bawah mata yang sehingga akan terlihat bengkak dan muncul kantung mata.
  • Penyebab-penyebab lainnya. Tahukah anda? Kantung mata dan lingkaran hitam pada mata pun juga bisa  disebabkan oleh kebiasaan merokok, terlalu banyak mengonsumsi kafein, menangis, kelainan pada kulit.

Bagaimana Cara Mengatasi Kantung Mata ?

  1. Tidur yang cukup. Kantung mata dapat dicegah dengan beberapa hal yang mudah untuk dilakukan, diantaranya adalah sempatkan tidur setidaknya 8 jam sehari.
  2. Makan dan Minum yang memenuhi gizi. Disarankan untuk makan dan minum secara teratur, untuk makan anda dapat memilih makanan yang mempunyai nilai gizi yang cukup. Untuk minum setidaknya minum air putih minimal 8 gelas sehari.
  3. Jauhi Minuman Berakohol. Hindari minuman minuman keras yang berkadar alkohol,selain itu juga hindari minuman yang berkafein.
  4. Kurangi Penggunaan Garam. Sebisa mungkin kurangi penggunaan garam dalam makanan, karena dengan mengurangi garam dalam makanan, kecenderungan tubuh mempertahankan kelebihan air akan berkurang.
  5. Terapi Kompres Mata. 

Terapi mengompres mata juga bisa dilakukan untuk menghilangkan kantung mata, caranya adalah, siapkan mentimun yang sudah didinginkan. Kemudian letakkan timun tersebut di atas mata sambil memejamkan mata. Biarkan selama 15 menit. Bahan lainnya yang bisa digunakan adalah wortel atau kantung teh hijau.

 

 

Demikian tips cara menghilangkan kantung mata, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Mulailah untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit agar terhindar dari gejala kantung mata yang terjadi.

Add Comment