Penyebab Kanker Ovarium Pada Wanita, Jenis dan Gejala

Kanker ovarium merupakan kanker yang berada di indung telur, atau ovarium. Kanker ovarium dapat diderita oleh semua wanita di segala umur. Akan tetapi kebanyakan menyerang wanita yang telah menginjak masa menopause, yaitu wanita yang berumur 50 tahun ke atas.

Jenis, Gejala Dan Penyebab Kanker Ovarium Pada Wanitakanasasasasasasasasasa

Kanker ovarium tidak dapat dideteksi pada stadium awal. Gejala umumnya yang menjadi penyebab kanker ovarium, seperti pembesaran pada perut, gangguan sistem pencernaan, nyeri perut yang sangat hebat, mual, gangguan sistem urin, tidak nafsu makan, nyeri pada panggul, haid tidak teratur, mudah capek, nyeri saat berhubungan seksual, dan lainnya.

…sebelum lanjut baca,

Penyebab Kanker Ovarium Pada Wanita, Jenis dan Gejala

silahkan catat Artikel Rekomendasi ini  :

Jenis-Jenis Kanker Ovarium

Terdapat tiga jenis yang menjadi penyebab kanker ovarium, yaitu :

  1. Tumor Stromal, akan muncul pada saat sel kanker menyerang jaringan yang mengandung sel-sel penghasil hormon. Jenis kanker ini sangat jarang yang menderita. Dari 100 pengidap, hanya ada 7 yang mengidap kanker ini.
  2. Tumor epithelial, merupakan jenis kanker ovarium yang menyerang jaringan yang membungkus ovarium. Kabanyakan orang yang menderita kanker ovarium, termasuk di dalam jenis ini.
  3. Tumor Germinal, sel kanker yang menyerang sel-sel penghasil sel telur. Kanker jenis ini kebanyakan menyerang wanita yang masih muda.

 

Gejala Kanker Ovarium

Kanker ovarium biasanya tidak ada gejala untuk tahap stadium awal. Terkadang seseorang juga salah mengartikan dengan penyakit lainnya, seperti iritasi usus, dan konstipasi. Sehingga seseorang yang di diagnosis kanker ovarium, di saat kanker sudah menyebar dalam tubuh.

Beberapa gejala yang menjadi penyebab kanker ovarium, yaitu :

  1. Perut yang kembung, dan membengkak.
  2. Nyeri perut yang sangat hebat.
  3. Merasa cepat kenyang, sehingga tidak mempunyai nafsu untuk makan.
  4. Perubahan kebiasaan saat buang air besar.
  5. Pola menstruasi menjadi tidak teratur.
  6. Nyeri saat berhubungan seksual.
  7. Frekuensi buang air kecil semakin meningkat.

 

Penyebab Kanker Ovarium

Seperti dengan kanker lainnya, penyebab kanker ovarium juga tidak diketahui dengan pasti penyebabnya. Namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan seorang wanita beresiko terkena kanker. Diantaranya :

  1. Riwayat Reproduksi

Seorang wanita yang mempunyai resiko besar, terkena kanker ovarium, karena:

  • Tidak mempunyai anak
  • Mengalami menopause setelah berumur 50 tahun
  • Mempunyai anak setelah berusia 30 tahun
  • Memperoleh menstruasi sebelum umur 12 tahun

Pada kenyataannya mempunyai hubungan antara seseorang yang beresiko mengidap kanker ovarium, dengan jumlah siklus menstruasi yang dialami seorang wanita dalam hidupnya. Semakin banyak jumlah siklus yang dilewati, maka akan semakin tinggi resiko terkena kanker ovarium.

  1. Penggunaan Obat untuk Kesuburan

Menggunakan obat penyubur kandungan dalam jangka waktu yang lama, akan meningkatkan resiko terkena kanker ovarium. Terlebih lagi jika setelah minum obat, tetap tidak dapat hamil. Karena wanita yang tidak dapat hamil yang dapat menjadi penyebab kanker ovarium.

  1. Usia

Kebanyakan kanker ovarium terjadi pada seorang wanita yang telah melalui masa menopause. Kanker ovarium akan menyerang wanita di atas 63 tahun.

  1. Faktor Genetik

Resiko menjadi semakin besar, jika terdapat anggota keluarga yang juga mengidap kanker ovarium. Dan merupakan salah satu dari penyebab kanker ovarium.

  1. Kegemukan

Penyebab kanker ovarium berikutnya adalah kegemukan. Badan yang terlalu gemuk akan meningkatkan resiko terkena kanker ovarium. Hal ini disebabkan karena badan yang gemuk akan malas untuk bergerak.

  1. Penggunaan Alat Kontrasepsi IUD

Menggunakan alat kontrasepsi IUD meningkatkan penyebab kanker ovarium, selain itu juga beresiko terkena kehamilan ektopik, atau hamil di luar kandungan.

  1. Pola Hidup yang Tidak Sehat

Merokok dan minuman beralkohol, mempunyai efek beresiko terkena kanker, termasuk kanker ovarium. Karena terdapat zat berbahaya yang dapat merusak organ tubuh.

Semoga informasi tentang penyebab kanker ovarium di atas dapat bermanfaat.

Add Comment