Penyakit Pada Alat Reproduksi Wanita Dan Penyebabnya

Kesehatan merupakan segalanya.Dengan tubuh yang sehat, anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik.Salah satu organ tubuh yang wajib diperhatikan kesehatannya adalah alat reproduksi.Terlebih untuk para wanita yang memiliki alat reproduksi yang lubangnya berdekatan dengan anus. Alat reproduksi tersebut akan mudah terkena bakteri dan virus. Oleh sebab itu banyak wanita yang membersihkan alat reproduksi agar tidak terkena penyakit pada alat reproduksi wanita.

Pentingnya kesehatan alat reproduksi ini membuat banyak perusahaan membuat produk-produk pembersih alat reproduksi wanita.Banyak sekali sabun pembersih alat reproduksi yang dapat anda temukan sekarang.Banyak orang yang belum mengetahui penyakit pada alat reproduksi wanita.Berikut beberapa penyakit tersebut :

  • Gangguan menstruasi

Salah satu penyakit pada alat reproduksi wanita yang paling umum dialami oleh kebanyakan wanita adalah gangguan menstruasi.Gangguan ini terdiri dari 2 jenis yakni anemore primer dan anemore sekunder.Anemore primer adalah seorang wanita yang sudah berumur 17 tahun namun belum mengalami siklus haid, dan tidak ada pertumbuhan unsur seksual lainnya.Sedangkan untuk anemore sekunder merupakan gangguan pada wanita berupa tidak terjadi siklus haid selama 3 hingga 6 bulan (terjadi pada wanita yang sudah pernah mengalami menstruasi).Gangguan anemore primer dapat menyebabkan kemandulan, sehingga harus berkonsultasi ke dokter kandungan.Sedangkan untuk gangguan anemore sekunder dapat terjadi karena adanya masalah diorgan reproduksi anda.Anda juga harus berkonsultasi kedokter.

  • Kanker

Kanker merupakan penyakit pada alat reproduksi wanita yang paling berbahaya dan ditakuti oleh semua wanita.Banyak sekali kanker yang dapat menyerang wanita, antara lain kanker serviks, kanker vagina, dan kanker ovarium. Kanker serviks dapat terjadi karena pada lapisan epiter mulut rahim terdapat pertumbuhan sel yang abnormal.Dan untuk kanker vagina biasanya disebabkan karena terdapat infeksi bakteri dibagian vagina.Kanker ini dapat diobati menggunakan obat (kemoterapi) dan pembedahan menggunakan laser.Sedangkan kanker ovarium tidak terdapat gejala yang jelas.Kanker ovarium ini hanya menimbulkan pegal-pegal di panggul, pendarahan hebat di vagina, dan perubahan pada saluran pencernaan.Susahnya mengetahui kanker-kanker tersebut anda harus melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan serutin mungkin.

  • Gangguan Endometriosis

Gangguan endometriosis juga penyakit pada alat reproduksi wanita.Gangguan ini terjadi karena jaringan endometriosis berada di luar rahim namun masih tetap berada di ovarium atau oviduk.Untuk mengetahui gangguan endometriosis ini, anda dapat melihat gelajanya, gejala umumnya adalah sakit pinggang, perut yang nyeri dan rasa tidak nyaman saat menstruasi.

  • Infeksi vagina

Infeksi vagina ini merupakan penyakit pada alat reproduksi wanita yang paling banyak dialami oleh perempuan.Infeksi vagina biasanya menyerang wanita yang sudah berpasangan dan sering melakukan hubungan seksual.Hubungan seksual ini yang biasanya menjadi penyebab utama penyakit infeksi vagina.Dan gejala penyakit infeksi vagina ini adalah keputihan yang berlebih dan memiliki bau menyengat dan menimbulkan rasa gatal diarea vagina.Untuk mengatasi penyakit ini anda dapat menggunakan obat yang disarankan oleh dokter.

  • Kemandulan

Kemandulan ini merupakan penyakit pada alat reproduksi wanita yang sangat menyedihkan.Karena dengan kemandulan, seorang wanita tidak dapat memiliki keturunan.Banyak sekali penyebab kemandulan, baik gangguan sistem reproduksi dan adanya penyakit. Salah satu tanda kemandulan yang paling mudah terlihat adalah telatnya menstruasi bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali. Pengobatan untuk penyakit ini dapat dilakukan menggunakan arahan dokter spesialis kandungan.

Itulah beberapa penyakit pada lat reproduksi wanita yang wajib anda ketahui agar anda terhindar dan dapat mencegahnya lebih dini.Semoga bermanfaat.

Add Comment