Pengertian tentang Jerawat dan Faktor Timbulnya Jerawat

Pengertian tentang Jerawat dan Faktor Timbulnya Jerawat – Jerawat merupakan sebuah permasalahan kulit. Pada umunya menyerang sebagian besar orang. Jerawat muncul ditandai dengan bintik bintik kecil pada bagian kulit tubuh, misalnya saja pada kulit wajah, kulit bagian punggung, dan kulit bagian dada. Jerawat tersebut muncul dalam jenis yang berbeda, jenis yang berbeda tersebut meliputi jerawat yang paling ringan yaitu komedo hitam maupun komedo putih, dan jerawat yang plaing parah yang berisi nanah. Jerawat yang paling parah biasanya akan meninggalkan bekas jerawat yang berbentuk flek hitam.

…sebelum lanjut baca, silahkan catat Artikel Rekomendasi ini  :

Untuk gejala jerawat sendiri, pada awalnya akan muncul gejala gejalanya , diantaranya adalah kulit terasa berminyak dan munculnya banyak bintik bintik kecil, selain ditandai dengan bentuk fisik jerawat juga bisa dideteksi dengan adanya kulit yang akan terasa sakit saat disentuh dan kadang kulit terasa panas. Sebagian orang pasti pernah mengalami menderita akibat jerawat. Jerawat yang paling sering terjadi di daerah sekitar wajah.

Pengertian Jerawat dan Faktor Penyebab Jerawat

Pengertian Jerawat dan Faktor Penyebab Jerawat

Apa saja Faktor Penyebab Jerawat?

Jerawat sebenarnya terjadi pada seseorang pada usia berapapun, namun jerawat ini sering dikaitkan dengan usia remaja saat itu yang terjadi karena perubahan kadar hormon selama masa pubertas. Perubahan hormon yang terjadi tersebut memperngaruhi kelenjar penghasil minyak atau sebum yang terletak dekat dengan folikel bulu di kulit. Pada kenaikan dan perubahan kelenjar ini, menyebabkan produksi sebum akan meningkat pada kulit wajah, sehingga tumpukan sebum tersebut akan bergabung dengan sel kulit mati dengan kotoran kotoran yang nantinya akan menyumbat pori pori terutama pada bagian kulit wajah.

Setelah menyumbat pori pori wajah disertai dengan banyaknya sebum di permukaan kulit, bakteri jerawat akan berkembang lebih cepat, bakteri tersebut dinamai dengan bakteri Propionobacterium Acnes, bakteri inilah sebenarnya yang merupakan bakteri penyebab timbulnya jerawat. Pada bakteri ini bisa mengiritasi kulit sehingga kulit akan memerah, dan membengkak yang akan menyebabkan timbul seperti nanah pada bagian bawah kulit.

 

Siapa saja yang rentan terkena Jerawat?

Berdasarkan riset kesehatan oleh dokter, sebagian besar jerawat menyerang seseorang yang berusia kurang lebih di bawah 30 tahun, namun paling banyak, jerawat sendiri rentan menyerang seseorang pada saat remaja yang berusia antara tiga belas hingga dua puluh tahun. Sebenarnya jerawat akan menghilang sendiri biar dibiarkan karena seiring pertumbuhan usia, namun hal ini tetap saja bila seseorang menderita akibat jerawat pada wajah, akan tetap mengganggu penampilan. Jerawat lebih rentan menyerang seorang perempuan daripada laki – laki.

 

Bagaimana tindakan yang tepat Jika Kulit Berjerawat ?

Jika mengalami kulit yang berjerawat, sebaiknya harus tetap untuk menjaga kebersihan kulit. Hal itu sangatlah penting karena meskipun tidak akan mencegah terjadinya penumbuhan jerawat baru lagi, setidaknya mencegah iritasi pada kulit yang berjerawat. Sering sering untuk membasuh area kulit yang berjerawat dengan air bersih, dan dengan pembersih wajah ataupun sabun ringan dua kali sehari, penggunaannya disarankan menggosok ke bagian jerawat secara pelan agar tidak mengalami iritasi. Bila kulit terasa kering, untuk menggunakan pelembab, produk pelembab pun sekarang juga sudah hadir melalui tahap pengujian agar tidak menimbulkan komedo atau jerawat lagi.

Jerawat sendiri tidak dapat dikendalikan kapan dan dimana bisa tumbuh, oleh karena itu seseorang yang sudah terlanjut mengalaminya dianjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter ataupun menghobati dengan cara pengobatan yang alami , nah untuk penggunaan obat yang berbahan kimia seperti krim, gel , maupun pelembab yang sudah banyak di apotek juga cukup manjur , namun juga harus memperhatikan tingkat kecocokan produk terhadap kulit. Dengan demikian kesimpulannya, bila ingin menggunakan pengobatan secara kimia bisa dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Demikian beberapa penjelasan mengenai Pengertian tentang Jerawat dan Faktor Timbulnya Jerawat , semoga artikel yang dibuat dapat bermanfaat untuk pembaca.

 

Add Comment