Pengertian, Penyebab, Gejala Kanker Mulut Rahim Dan Pengobatannya

Pengertian Kanker Mulut Rahim

Penyakit kanker merupakan penyakit yang mematikan, disebabkan karena terdapat sel-sel membelah diri dengan tidak terkendali. Sel yang tidak normal ini, akan menyerang jaringan dan menyebar melalui aliran darah.

Sedangkan kanker mulut rahim itu sendiri adalah penyakit yang dapat mengancam jiwa, dan menyerang wanita bagian reproduksi wanita, yang letaknya berada diantara rahim dan vagina. Hal ini yang membuat seseorang yang mengidap penyakit kanker mulut rahim, akan mengalami kondisi yang tidak normal.

Inilah Informasi Pengertian, Penyebab, Gejala Kanker Mulut Rahim Dan Pengobatannya

Faktor utama kanker mulut rahim, yaitu human papilloma virus (HPV) yang menyerang mulut rahim. Virus HPV tidak hanya menyerang wanita saja, para pria juga diserang oleh virus ini. Yang dimana menyebabkan kutil pada alat kelamin. Kutil yang ada pada alat kelamin, namanya kondiloma akuminatum. Gejala kanker mulut rahim ini, yaitu adanya infeksi yang sulit untuk disembukan dalam waktu yang lama.

Kanker mulut rahim, sangat membahayakan dan menimbulkan kematian. Untuk kondisi awal gejala kanker mulut rahim tidak terlihat, bahkan tanpa gejala. Sehingga seseorang tidak akan menyangka saat sudah terinfeksi oleh kanker tersebut.

 

Penyebab Kanker Mulut Rahim

Sebelum mengetahui gejala kanker mulut rahim, terlebih dahulu mengetahui penyebab dari penyakit tersebut. Berikut di bawah ini, penyebab kanker mulut rahim :

  1. Kanker mulut Rahim disebabkan oleh virus, yaitu virus HPV.
  2. Menggunakan closet yang telah terkontaminasi virus, akan lebih baik jika tidak menggunakan closet yang duduk. Atau jika memang hanya ada closet duduk, sebelum memakai dibersihkan terlebih dahulu.
  3. Gaya hidup yang tidak sehat, yaitu mengkonsumsi alcohol, dan merokok.
  4. Kurang mengkonsumsi vitamin E, dan vitamin C. Hal ini yang membuat virus HPV bertahan dalam jangka yang lama di dalam tubuh, dan menimbulkan kanker.
  5. Melakukan hubungan seksual di bawah umur
  6. Berganti-ganti pasangan saat berhubungan seksual, atau melakukan hubungan seksual dengan pria yang suka berganti pasangan. Dapat menimbulkan gejala kanker mulut rahim.
  7. Riwayat penyakit keluarga, ada salah satu keluarga yang juga mengidap kanker. Karena pada dasarnya penyakit kanker, faktor utamanya adalah genetik.

 

Gejala Kanker Mulut Rahim Tahap Awal

Kanker mulut Rahim terkenal dengan sebutan The Silent Killer, yang artinya penyakit mematikan yang sulit ditemukan gejalanya, setelah diketahui sudah pada stadium lanjut. Hal ini yang membuat proses pengobatannya menjadi sulit. Perjalanan penyakit yang awalnya karena virus, dan sampai menjadi kanker ini terjadi antara 15-20 tahun. Jika menghitung dari masa inkubasi, seorang wanita lebih beresiko terkena virus HPV pada umur 20 tahun, atau saat telah melakukan hubungan seksual. Beberapa gejala kanker mulut rahim yaitu :

  1. Tahap awal gejala kanker mulut rahim biasanya tidak menimbulkan keluhan. Keluhan akan tampak setelah stadium lanjut.
  2. Nyeri pada panggul.
  3. Merasakan nyeri pada saat berhubungan seksual.
  4. Mengalami perdarahan setelah melakukan hubungan seksual.
  5. Mengalami keputihan yang tidak normal.
  6. Perdarahan di luar menstruasi.
  7. Mengeluarkan cairan dari vagina, berwarna kuning dan berbau tidak sedap

 

Pencegahan Dan Pengobatan Kanker Mulut Rahim

Agar terhindar dari gejala kanker mulut rahim, akan lebih baik jika melakukan pencegahan. Salah satunya dengan rutin periksa organ kewanitaan ke dokter, sehingga dapat mendeteksi secara dini. Seorang wanita juga harus mengkonsumsi makanan yang sehat. Yaitu makanan yang mengandung antioksidan, misalnya sayur-sayuran, serta buah.

Apabila seseorang tersebut sudah terlambat dalam mendeteksi gejala kanker mulut rahim tersebut. Yang perlu dilakukan yaitu dengan melakukan apapun anjuran dari dokter, biasanya untuk tahap ringan akan diberikan obat. Dan untuk tahap kronis, para dokter akan mengambil langkah operasi.

Semoga informasi tentang gejala kanker mulut rahim dapat bermanfaat. Sehingga anda dapat mendeteksi secara dini.

Add Comment