Manfaat Daun Sirih Sebagai Obat Keputihan

Masalah kesehatan organ kewanitaan tidak bisa lepas dari keputihan. Keputihan yang dialami wanita sudah menjadi persoalan yang wajar. Keputihan yaitu keluarnya cairan yang bukan darah dari organ intim wanita. Anda harus bisa membedakan keputihan yang anda alami, karena jika keputihan yang sedang alami bertambah parah bisa mengakibatkan kanker serviks. Hal ini juga dimaksudkan agar masalah keputihan anda bisa di cegah sedini mungkin. Jika keputihan yang anda alami berwarna bening, encer, jumlah sedikit serta tidak berbau makan keputihan tersebut masih digolongkan dengan keputihan normal karena terjadi secara alamiah.

Namun jika keputihan yang anda keluarkan cairannya memiliki tekstur yang kental, berwarna putih, hijau atau kuning, berbau yang tidak sedap, dan menimbulkan rasa gatal seta perih keputihan ini bisa dikategorikan sebagai keputihan abnormal. Untuk itu, anda harus melakukan pemeriksaan kepada dokter ahlinya, supaya keputihan yang anda alami tidak berdampak buruk.

Salah satu cara mengobati keputihan secara alami yaitu dengan daun sirih. Manfaat daun sirih sebagai obat keputihan sangatlah banyak, ini karena daun sirih mengandung minyak atsiri yang terbukti ampuh dalam mengatasi keputihan pada vagina secara tuntas.

Tidak hanya itu, daun sirih juga mempunyai sifat analgesic yang dapat menghilangkan rasa nyeri saat datang bulan. Kandungan tanin pada daun sirih juga mampu mengurangi cairan pada vagina. Untuk anda yang akan memanfaatkan daun sirih sebagai obat keputihan yang aman, berikut ulasannya.

Manfaat Daun Sirih Sebagai Obat Keputihan

Daun sirih memang sudah di kenal ampuh sebagai obat antiseptic alami yang memiliki banyak khasiat dan manfaat sebagai keputihan secara alami. Tak heran banyak produk pembersih organ kewanitaan dengan memanfaatkan daun sirih sebagai bahan utamanya. Berikut cara penggunaan daun sirih untuk mengatasi masalah keputihan :

  • Ambil sepuluh lembar daun sirih, kemudian cuci hingga bersih
  • Panaskan air sekitar 2 liter
  • Jika sudah mendidih masukan daun sirih dan rebus selama 3 menit
  • Diamkan hingga air rebusan daun sirih menjadi hangat
  • Gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh daerah vagina anda

Selain mempraktekkan dengan memanfaatkan daun sirih sebagai obat keputihan, anda juga harus menjaga kebersihan vagina anda. Usahakan organ wanita anda selalu dalam keadaan bersih dan jangan terlalu lembab. Jika anda menggunakan sabun khusus dalam membersihkan vagina, gunakan sabun yang mempunyai Ph yang seimbang dengan Ph vagina anda. Anda juga harus bisa mengontrol emosi dengan menghindari stress yang berlebih. Jika anda sedang mengalami menstruasi, untuk sering mengganti pembalut. Karena pembalut merupakan media bagi bakteri dan jamur dalam berkembang biak jika berada dalam keadaan lembab.

Sangat penting pemahaman akan keputihan sedari dini, karena jika keputihan sudah dalam keadaan parah hal ini akan menjadi masalah dalam penanganannya. Jika keputihan yang anda alami dibiarkan terlalu lama bisa mengakibatkan masalah pada saluran indung telur. Saat ini tidak jarang banyak wanita yang mengalami masalah keputihan kronis yang dibiarkan selama bertahun-tahun sehingga menyebabkan kemandulan. Bahkan yang lebih parah bisa menyebabkan kematian.

Akibat keputihan yang berbahaya ini juga dapat mengakibatkan terjadinya kehamilan di luar kandungan, serta pendarahan yang dapat mempengaruhi janin yang sedang di kandungnya. Hal yang perlu di waspadai adalah keputihan juga bisa dijadikan indikasi adanya indikasi adanya kanker mulut rahim.

Demikian ulasan tentang manfaat daun sirih sebagai obat keputihan. Jangan sampai terlambat dalam mengatasi permasalahan keputihan karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

Save

Add Comment