Kehamilan Usia 7 Minggu

Ilustrasi bentuk janin pada kehamilan usia tujuh minggu

  • Pertumbuhan tangan dan kaki

Kabar bahagia yang datang pada kehamilan usia 7 minggu ini adalah berkembangnya bakal tangan dan kaki si buah hati Anda. Kini, si buah hati Anda telah memiliki bakal tangan dan kaki, meskipun hanya terlihat seperti dayung kecil. Bakal tangan dan kaki si buah hati Anda belum memiliki jari – jari. Pada kehamilan usia 7 minggu ini, si buah hati Anda yang masih dinamai dengan embrio mempunyai sesuatu yang berbentuk seperti ekor. Ekor ini sebenarnya adalah perpanjangan dari tulang ekor si buah hati Anda. Ekor ini akan mengecil dan seolah menghilang dalam beberapa minggu lagi. Pada kehamilan usia 7 minggu ini si buah hati Anda berukuran sebesar buah blueberry.

 

Kini si buah hati Anda juga telah memiliki kelopak mata mungil yang menutupi mata kecilnya, walaupun kelopak mata si buah hati Anda saat ini masih transparan. Organ otak dan organ hati si buah hati Anda juga sudah mulai berkembang. Bayi Anda kini pun memiliki organ usus buntu dan pankreas.

Janin pada usia kehamilan tujuh minggu berbentuk sebesar buah blueberry

Dan yang terjadi pada tubuh Anda adalah uterus Anda yang membesar dua kali lipat di kehamilan usia 7 minggu ini. Pada minggu ini, kebanyakan dari Anda akan mengalami gangguan nafsu makan karena adanya mual dan muntah. Frekuensi buang air kecil Anda pun terasa lebih sering daripada biasanya. Hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya volume darah dan cairan yang diproses didalam ginjal Anda. Saat Anda hamil, Anda akan mengalami peningkatan jumlah atau volume darah hingga 10% apabila dibandingkan dengan volume darah sebelum Anda hamil. Selain itu, sejalan dengan membesarnya ukuran uterus Anda, tekanan pada saluran kemih pun membesar sehingga Anda akan merasa lebih sering buang air kecil.

 

Sebagian besar wanita hamil juga akan merasa mual selama kehamilan trimester pertama dan rasa mual tersebut akan menghilang dalam 14 minggu berikutnya. Minggu – minggu ini menjadi saat yang tepat bagi Anda untuk menemui bidan atau dokter pribadi Anda untuk mengonsultasikan kehamilan Anda. Apa saja yang perlu Anda persiapkan ketika menemui dokter Anda? Inilah beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika menemui dokter Anda untuk yang pertama kalinya:

  1. Jika saat ini Anda sedang mengonsumsi obat over the counter (obat OTC atau obat warung), sebaiknya Anda membawa resepnya tau membawa bungkus obat dan suplemen yang Anda konsumsi tersebut. Dengan membawa resep atau bungkus obat tersebut, maka dokter Anda akan bisa memberikan saran mengenai obat dan suplemen apa saja yang aman untuk Anda konsumsi.
  2. Ingat – ingatlah atau catatlah HPHT Anda (Hari Pertama Haid Terakhir), yaitu hari dimana Anda mendapatkan haid untuk yang terakhir. HPHT sangat penting untuk diketahui dan dicatat karena HPHT akan digunakan untuk menentukan HPL (Hari Perkiraan Lahir).
  3. Siapkan pertanyaan – pertanyaan mengenai kehamilan yang ingin Anda tanyakan kepada dokter Anda. Cari tahu sebanyak mungkin informasi mengenai kehamilan dari dokter Anda.

 

Tujuan dari memeriksakan kehamilan Anda adalah untuk melihat bagaimana keadaan Anda dan buah hati Anda, serta untuk mencari tahu segala informasi yang berkaitan dengan kehamilan serta kesehatan ibu dan bayi.

 

Add Comment