Kehamilan Usia 6 Minggu

Gejala awal kehamilan - perubahan suasana hati secara tiba - tiba

  • Janin mulai berkembang

Pada kehamilan usia 6 minggu ini, janin yang Anda kandung akan mengalami perkembangan yang pesat. Janin Anda akan mulai memiliki bentuk hidung, mulut dan telinga. Dalam kehamilan usia 6 minggu ini, jantung si buah hati Anda telah berdetak 100 hingga 160 kali dalam satu menit. Itu artinya, detak jantung si buah hati Anda dua kali lebih cepat dari detak jantung normal Anda. Di minggu ini juga mulai terlihat adanya darah yang mengaliri tubuh si buah hati Anda.

 

Jika Anda mengecek keadaan bayi Anda melalui USG, maka Anda akan mendapati bahwa bagian kepala si buah hati Anda lebih besar dari bagian badannya. Dan di bagian kepala terdapat titik hitam yang merupakan mata dan hidung bayi Anda. Pada samping kepala akan terlihat sembulan kecil. Sembulan kecil itu merupakan telinga mungil bayi Anda. Selain mata, hidung dan telinga, Anda juga bisa melihat bakal lengannya yang kini mulai berupa tonjolan kecil. Janin mungil Anda yang telah berkembang organ – organ tubuhnya kini mulai berukuran sebesar biji kacang.

Ilustrasi bentuk janin pada kehamilan usia enam minggu

Bukan hanya si buah hati Anda, namun tubuh Anda juga mulai berubah pada minggu ini. Pada masa ini, kebanyakan dari wanita akan mengalami mood swing atau perubahan mood secara tiba – tiba. Anda bisa tiba – tiba merasa sensitif atau mudah tersinggung, dan bisa tiba – tiba merasa bahagia. Hal ini tak perlu dikhawatirkan karena merupakan suatu gejala normal yang menyertai sebuah kehamilan. Perubahan mood secara tiba – tiba pada kehamilan usia 6 minggu ini dikarenakan adanya perubahan hormon di dalam tubuh Anda. Selain dipengaruhi oleh faktor hormonal, ternyata mood swing juga dipengaruhi oleh faktor psikis. Wanita, terutama yang mengalami kehamilan pertama, umumnya akan mengalami mood swing karena menyadari bahwa sebentar lagi kehidupannya akan berubah total. Dan pikiran semacam itu bisa menimbulkan mood swing. Untuk menghindari mood swing karena faktor psikis, sebaiknya wanita yang sedang hamil bisa menjaga psikis atau pikirannya supaya tetap tenang dalam menghadappi kehamilannya.

 

Beberapa wanita juga akan mendapati spotting atau flek darah pada celana dalam atau mendapati bercak darah ketika selesai buang air kecil. Spotting yang ringan memang menjadi salah satu gejala awal kehamilan. Namun, waspadai apabila banyak darah yang keluar karena bisa menjadi salah satu gejala keguguran atau kehamilan ektopik (kehamilan diluar rahim). Solusi yang tepat adalah segera periksakan diri Anda ke bidan atau dokter pribadi Anda apabila Anda mendapati bercak atau flek darah agar segera dideteksi penyebabnya.

 

 

Add Comment