Kehamilan Usia 4 Minggu

Gejala awal kehamilan - hasil positif pada testpack meskipun samar

Gejala kehamilan yang makin nyata

Kini, kehamilan Anda sudah memasuki usia empat minggu. Calon buah hati Anda (yang masih disebut dengan embrio) kini telah berupa dua lapis sel yang disebut dengan epiblas dan hipoblas. Dua lapis sel inilah yang nantinya akan berkembang menjadi lapisan amnion dan lapisan inti. Lapisan amnion berisi cairan yang akan menyelimuti dan melindungi pertumbuhan embrio. Sedangkan inti janin akan memproduksi darah dan membantuk untuk menutrisi embrio sebelum plasenta bisa bekerja secara maksimal. Ketika lapisan plasenta sudah bisa berfungsi secara maksimal, maka lapisan inti ini akan menghilang secara perlahan – lahan.

 

Pada kehamilan usia 4 minggu ini calon buah hati Anda sudah berada di uterus dan tertanam kuat didalam endometrium. Ketika calon buah hati Anda sudah tertanam didalam endometrium, maka seketika tubuh Anda akan memproduksi hormon hCG. Tugas hormon hCG adalah untuk menjaga lapisan uterus dan untuk memberitahukan tubuh Anda bahwa Anda sedang hamil, maka tubuh Anda secara otomatis akan berhenti mengeluarkan satu sel telur pada setiap bulan berikutnya. Itu berarti bahwa pada bulan – bulan selanjutnya Anda tidak akan mendapatkan haid.

Ilustrasi embrio pada kehamilan minggu keempat

Tanda tanda kehamilan usia 4 minggu

Pada kehamilan usia 4 minggu ini Anda mungkin akan bisa merasakan kram perut yang hebat yang disertai dengan perdarahan kecil atau bercak darah berwarna merah muda. Selain itu, gejala kehamilan awal juga akan bisa Anda rasakan. Gejala kehamilan yang akan bisa Anda rasakan di kehamilan usia 4 minggu ini adalah:

  1. Anda tidak mendapatkan haid Anda

Jika haid Anda teratur tetapi pada minggu ini Anda belum juga mendapatkan haid Anda, maka Anda harus segera mengeceknya dengan alat tes kehamilan maupun mengeceknya di bidan atau dokter pribadi Anda. Bisa jadi Anda saat ini telah positif hamil. Kehamilan harus diketahui sedini mungkin supaya bayi Anda bisa mendapatkan nutrisi sedini mungkin.

  1. Rasa lelah yang berlebihan.

Jika Anda hanya mengerjakan pekerjaan ringan namun rasanya seperti Anda sedang berlari marathon, maka Anda juga patut untuk melakukan tes kehamilan. Gejala awal kehamilan bisa berupa rasa lelah yang berlebihan meskipun Anda tak sedang mengerjakan pekerjaan berat sekalipun. Rasa lelah yang berlebihan ini juga bisa disertai dengan rasa pusing mendadak atau rasa seperti ingin pingsan.

  1. Payudara nyeri dan areola makin menghitam.

Nyari payudara pada awal kehamilan mirip dengan nyeri payudara pada pra menstruasi. Yang membedakan keduanya adalah menghitamnya areola pada nyeri payudara di awal kehamilan.

  1. Mual atau muntah

Diawal kehamilan juga Anda akan bisa merasakan adanya rasa mual dan muntah secara tiba – tiba. Atau bisa juga rasa mual dan muntah ketika Anda mencium bau – bauan tertentu.

  1. Hasil positif pada tes kehamilan

Jika Anda melakukan tes kehamilan dengan testpack, Anda kemungkinan besar akan mendapatkan hasil positif. Meskipun pada beberapa wanita Akan didapatkan nilai positif yang samar – samar, namun hasil tersebut sudah cukup untuk menunjukkan bahwa Anda sedang hamil.

Add Comment