Kehamilan Usia 2 Minggu

Ilustrasi bentuk sel sperma yang berhasil menembus sel telurProses Konsepsi atau Pembuahan

Pada kehamilan usia 2 minggu ini pun Anda belum bisa dinyatakan positif hamil. Pada kehamilan usia 2 minggu, di dalam rahim Anda sedang terdapat satu sel telur matang yang siap untuk dibuahi oleh satu sel sperma unggulan. Dan pada minggu inilah terjadi keajaiban, yaitu proses konsepsi atau pembuahan. Jika Anda dan suami melakukan hubungan tanpa alat kontrasepsi pada minggu ini (hari ke 12 hingga 14 sejak HPHT/Hari Pertama Haid Terakhir), maka prosentase terjadi kehamilan sangat tinggi.

Tips agar cepat hamil - perbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam folat

Di kehamilan usia 2 minggu ini, tubuh Anda secara otomatis telah mempersiapkan diri untuk terjadinya sebuah kehamilan. Tubuh Anda akan secara otomatis mengeluarkan hormon FSH yang bermanfaat untuk menstimulasi sel telur Anda supaya matang, sehingga bisa dibuahi oleh satu sel telur unggulan yang berhasil mencapai sel telur. Pada akhir minggu ini, tubuh Anda sedang dalam puncak masa subur (jika siklus haid Anda normal / 28 hari). Puncak masa subur atau ovulasi adalah lepasnya sel telur yang sudah matang dan sudah siap untuk dibuahi dari ovarium menuju ke tuba falopi.

Jika pada masa ovulasi ini terdapat satu sel sperma yang berhasil mencapai tuba falopi dan menembus sel telur, maka terjadilah konsepsi atau pembuahan. Disinilah awal kehamilan Anda. Sel sperma yang berhasil menembus sel telur tersebut kemudian melebur untuk mengombinasikan sel – sel genetik yang dibawanya. Jika sel sperma yang datang tersebut membawa kromosom X, maka Anda akan memiliki bayi laki – laki. Namun apabila sel sperma tersebut membawa kromosom XY, maka Anda akan melahirkan bayi perempuan. Setelah sel telur berhasil dibuahi, sel telur akan bergerak menuju ke uterus.

Tips agar cepat hamil - perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan vitamin E

Jika Anda menginginkan kehadiran si buah hati, ada hal yang patut untuk Anda perhatikan di kehamilan usia 2 minggu ini. Yang perlu Anda perhatikan ketika memasuki kehamilan usia 2 minggu ini adalah kesehatan tubuh Anda dan suami. Kesehatan tubuh Anda dan suami sangat berpengaruh dengan ukuran sel telur, kematangannya, jumlah sel sperma dan juga kesehatan sel sperma. Mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat sangat bagus selama minggu ini. Asupan asam folat yang cukup akan meningkatkan kesehatan dan kematangan sel telur. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi vitamin E. Vitamin E sangat berkhasiat untuk meningkatkan kesuburan wanita. Namun, ada baiknya Anda tetap mengonsultasikan program kehamilan Anda kepada bidan atau dokter pribadi Anda.

Add Comment