Kehamilan Minggu Pertama

Tips agar cepat hamil - perbanyak konsumsi buah dan sayur

Persiapan Untuk Kehamilan

Pada minggu pertama, Anda belum bisa dinyatakan hamil. Hal ini disebabkan karena pada minggu ini didalam tubuh Anda baru terjadi persiapan untuk pembuahan. Meskipun demikian, perhitungan kehamilan dan Hari Perkiraan Lahir (HPT) pada umumnya dihitung sejak Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Artinya, kehamilan Anda dihitung sejak minggu dimana Anda mengalami haid yang terakhir, meskipun didalam rahim Anda belum terdapat janin.

Tips agar cepat hamil - hindari minuman yang mengandung alkohol

Dalam minggu pertama (minggu dimana Anda mendapatkan haid), sebaiknya Anda mulai menjaga pola hidup dan pola makan sebagai salah satu persiapan untuk kehamilan Anda. Jika Anda sudah berniat untuk memiliki buah hati, maka Anda bisa memulainya dengan:

  1. Jangan merokok dan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Jika Anda sudah menginginkan kehadiran si buah hati, sebaiknya menjauhi dua hal tersebut. Rokok dan minuman beralkohol selama masa kehamilan erat kaitannya dengan gangguan kehamilan berupa cacat pada janin, gangguan pernafasan pada janin, berat badan janin rendah, dan beberapa gangguan lainnya yang bisa berpengaruh pada kesehatan ibu dan bayi.
  2. Jangan mengonsumsi obat warung (obat Over the Counter atau OTC) secara sembarangan. Jika pada minggu ini Anda memiliki keluhan gangguan kesehatan, misalnya influenza, maka jangan sekali – kali membeli obat warung atau obat yang diperjualbelikan secara bebas tanpa ada resep dari dokter. Obat warung (obat OTC) yang dikonsumsi selama masa kehamilan erat kaitannya dengan cacat pada janin dan gangguan kesehatan janin lainnya. Maka, Anda wajib mengonsultasikan segala macam obat yang akan Anda konsumsi pada dokter pribadi Anda.
  3. Jaga pola makan Anda. Jika Anda adalah penggemar fast food atau makanan cepat saji, maka mulai sekarang juga Anda harus berhenti makan makanan tersebut. Perbanyak makan sayur dan buah – buahan yang mengandung asam folat, misalnya asparagus, brokoli, jeruk, alpukat, kacang – kacangan, biji – bijian, papaya, dan sebagainya. Sebaiknya konsultasikan dengan bidan atau ahli kesehatan Anda mengenai berapa banyak asam folat yang Anda butuhkan selama program kehamilan Anda, karena kebutuhan asam folat beragam pada tiap wanita. Asam folat sangat baik untuk persiapan kehamilan karena memperkecil resiko cacat bawaan lahir, seperti cacat syaraf dan cacat perkembangan otak.

Tips agar cepat hamil - hindari makanan bernutrisi rendah atau junk food

Banyak hal yang harus Anda persiapkan untuk menghadapi kehamilan Anda. Bahkan, sejak minggu pertama atau minggu ketika Anda haid pun Anda sudah harus menjaga kesehatan diri Anda. Untuk mengetahui segala hal yang Anda perlukan dalam masa program hamil, maka Anda wajib berkonsultasi dengan bidan atau dokter pribadi Anda.

Add Comment