Kehamilan Minggu 9

Ilustrasi bentuk janin pada kehamilan usia sembilan minggu

  • Organ – organ tubuh semakin lengkap

Pada kehamilan minggu 9 ini bayi Anda memiliki panjang satu inchi dan memiliki bentuk sebesar buah anggur. Bentuk si buah hati Anda semakin sempurna. Jantung si buah hati Anda kini telah lengkap dengan empat biliknya, begitu juga dengan bakal gigi – gigi kecilnya yang mulai berkembang. Di kehamilan minggu 9 ini pula “ekor” yang ia punyai mengecil drastic dan tak tampak lagi. Organ kelaminnya telah berkembang namun Anda belum bisa memastikan jenis kelaminnya pada minggu ini.

Janin pada kehamilan usia sembilan minggu berbentuk sebesar buah anggur

Perkembangan Kehamilan Minggu 9

Selain itu, kelopak mata si buah hati Anda sudah sempurna dan menutup rapat. Kelopak mata kecilnya tak akan terbuka hingga minggu ke dua puluh tujuh. Daun telinga, mulut, hidung dan hidungnya mulai memiliki bentuk nyata. Plasenta bayi Anda juga mulai berkembang dan memproduksi hormon yang diperlukan oleh bayi Anda. Organ – organ tubuh si ungil telah berada pada tempatnya dan ia akan mengalami peningkatan ukuran serta berat badan dengan drastic pada minggu – minggu setelahnya.

 

Pada kehamilan minggu 9, Anda akan merasakan bahwa perut Anda mulai membesar. Selain bentuk tubuh yang mulai berubah, Anda juga akan mengalami morning sickness atau mual muntah di pagi hari dan gejala – gejala kehamilan lainnya. Meskipun kebanyakan ibu hamil merasakan mual dan muntah pada pagi hari, namun tak jarang yang merasakannya sepanjang hari hingga si ibu memerlukan bed rest atau istirahat total diatas tempat tidur. Mood swing atau perubahan mood secara drastis juga menjadi hal yang normal menyertai kehamilan Anda.

 

Banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan si mungil yang kini berdiam didalam rahim Anda. Diane Sanford, seorang ahli psikologi yang mempelajari psikologi pada kehamilan dan kelahiran bayi, menyarankan pada ibu hamil untuk berbicara dengan si mungil yang ada didalam rahim selama lima hingga sepuluh menit per harinya. Apa yang harus Anda bicarakan kepada si mungil Anda? Anda bisa mencobanya dengan mengungkapkan perasaan bahagia yang Anda rasakan sejak adanya si mungil di rahim Anda. Anda bisa mencoba berbicara pada si buah hati Anda sesaat setelah Anda bangun tidur dan sesaat sebelum Anda pergi tidur. Duduklah dengan santai dan letakkan tangan Anda diatas perut. Berkonsentrasilah dan atur nafas supaya tetap tenang dan santai, lalu ungkapkan kebahagiaan Anda. Dengan cara ini, hubungan harmonis antara ibu dan anak bisa tercipta sejak dini.

Add Comment