Kehamilan Minggu 8

  • Jari – jari mungil si buah hati Anda mulai terlihat

 

Pada kehamilan minggu 8 inilah jari tangan dan jari kaki bayi Anda mulai terlihat. Meskipun masih terlihat seperti cabang – cabang kecil di telapak tangan si buah hati Anda, namun jari – jari mungilnya sekarang telah berkembang pesat. Kelopak matanya telah seluruhnya menutupi mata mungil si buah hati Anda dan “ekor”-nya kini hampir menghilang. Di dalam organ otaknya, syaraf – syaraf otaknya mulai berkembang, bercabang – cabang dan terhubung satu sama lain. Anda mungkin akan menebak – nebak jenis kelamin si buah hati Anda, namun sayangnya Anda belum bisa mengetahu jenis kelaminnya karena organ kelaminnya belum berkembang secara sempurna. Si buah hati Anda berukuran sebesar kacang merah besar pada kehamilan minggu 8 ini.

Ilustrasi bentuk janin pada kehamilan usia delapan minggu

Perubahan yang terjadi pada bayi Anda ternyata sejalan dengan perubahan yang terjadi pada tubuh Anda. Pada kehamilan minggu 8 ini Anda akan mulai menyadari bahwa bra yang Anda miliki terasa sempit. Jika Anda telah menyadarinya, segeralah ganti bra Anda dengan ukuran yang pas. Peningkatan hormon selama kehamilan memicu terjadinya perubahan ukuran payudara serta jaringan didalamnya. Hal tersebut merupakan hal yang wajar sebagai persiapan menyusui. Payudara Anda akan terus berkembang selama kehamilan.

 

Perubahan lainnya adalah rasa kelelahan yang berlebihan. Kenaikan hormon progesteron berpengaruh besar terhadap rasa lelah berlebihan atau rasa malas yang saat ini Anda alami. Selain itu, mual dan muntah pada trimester awal kehamilan juga bisa menyita energy Anda sehingga Anda merasa lemah. Rasa lelah tersebut bisa diperparah dengan adanya gangguan tidur (insomnia) yang mungkin menyertai kehamilan Anda.

Bentuk janin pada kehamilan usia delapan minggu sebesar biji kacang merah

Pada trimester awal kehamilan, Anda perlu melakukan pengecekan keadaan ibu dan bayi. Ada beragam pengecekan yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah:

  1. Pemeriksaan pada trimester pertama. Pemeriksaan pada trimester pertama ini meliputi tes darah untuk mengetahui level protein pada darah Anda dan juga ultrasonic Pemeriksaan kehamilan pada trimester pertama sangat penting untuk mengetahui keadaan si buah hati Anda dan mengetahui perkembangannya.
  2. Pemeriksaan darah untuk mendeteksi kelainan kromosom. Untuk memastikan dan memeriksa keadaan kromosom buah hati Anda, maka tes ini penting untuk dilakukan.
  3. Pemeriksaan sampel plasenta. Dalam pemeriksaan ini, plasenta janin Anda akan diambil sampel atau contohnya dan dikirim ke laboratorium untuk kemudian dilakukan pemeriksaan genetiknya. Pemeriksaan ini bisa mendeteksi keadaan kromosom dan genetik lainnya, sehingga bisa diketahui apakah ada kelainan atau tidak.

Mengingat pentingnya pemeriksaan kesehatan selama kehamilan, maka Anda wajib berkonsultasi dan rutin mengujungi dokter atau bidan pilihan Anda.

Add Comment