Kehamilan Minggu 10

Ilustrasi bentuk janin pada kehamilan usia sepuluh minggu

  • Berfungsinya Organ Dalam

Pada usia kehamilan minggu kesepuluh, janin yang ada dirahim Anda ukurannya sudah mencapai kira – kira satu inchi dan beratnya kira – kira seperempat ons. Pada minggu – minggu ini, organ tubuh dan jaringan yang terdapat didalam tubuh janin Anda akan berkembang dengan pesat. Ia mulai bisa menelan cairan yang terdapat didalam plasenta. Organ tubuhnya, seperti ginjal, usus, otak dan hati, telah berada pada posisinya dan telah berfungsi meskipun belum sempurna. Si buah hati Anda juga sekarang memiliki kuku pada jari – jarinya. Selain itu, ia juga memiliki rambut halus yang kini menutupi kulit tipisnya. Bentuk tubuh si buah hati Anda lebih sempurna secara keseluruhan. Tangan mungil si buah hati Anda kini berada didepan dadanya. Dengan bantuan stetoskop khusus, Anda bisa mendengarkan betapa cepatnya detak jantung si mungil yang kini berada didalam rahim Anda.
Rahim wanita pada kehamilan usia sepuluh minggu berbentuk sebesar buah pear
Perubahan pada tubuh Anda pun juga bertambah seiring bertambahnya usia kehamilan. Sebelum hamil, rahim Anda hanya sebesar buah pir, namun pada kehamilan minggu kesembilan ini rahim Anda berkembang menjadi sebesar buah jeruk bali. Anda akan menyadari bahwa beberapa baju dan bra Anda kini terasa sempit dipakai. Jika Anda mulai merasakannya, segeralah ganti baju dan bra Anda dengan ukuran yang lebih besar.

 

Meskipun Anda mulai merasakan perubahan yang drastic pada tubuh Anda, jangan halangi tubuh Anda untuk beraktivitas seperti biasanya. Dengan catatan bahwa aktivitas yang Anda lakukan bukan merupakan aktivitas berat seperti membawa barang atau sesuatu yang berat. Anda bisa mencoba beberapa olahraga yang cocok untuk ibu hamil, misalnya yoga, senam hamil, berenang dan juga berjalan kaki. Carilah olahraga yang ringan namun bisa meningkatkan kekuatan otot tubuh Anda. Jangan lupa juga persiapkan kondisi mental Anda selama hamil dan setelah kelahiran si buah hati Anda. Jika mental tak dipersiapkan dengan baik, biasanya ibu hamil akan merasakan depresi selama kehamilan dan merasakan baby blues setelah bayi mereka lahir. Baby blues adalah suatu kondisi dimana ibu yang baru saja melahirkan bayinya justru merasa sedih. Rasa sedih yang mereka alami ini berkaitan dengan ketidaksiapan mereka dalam menghadapi hadirnya si buah hati. Baby blues bisa juga disebabkan oleh depresi selama kehamilan, rasa khawatir yang berlebihan selama kehamilan dan kurangnya dukungan dari orang disekitarnya.

Add Comment