Jenis-Jenis Keputihan Abnormal Dan Penyebab Keputihan Gatal

Keputihan merupakan suatu kondisi yang dialami oleh kebanyakan wanita, yang mempunyai manfaat untuk mengeluarkan sekresi dan membersihkan vagina dari infeksi. Pada saat keputihan yang dikeluarkan oleh vagina berupa lendir. Lendir ini merupakan hasil sekresi leher rahim, serviks, serta kelenjar yang ada di dalam vagina, yang keluar bersama dengan sel-sel mati maupun bakteri.

akibat Penyebab Keputihan Gatal Jenis-Jenis Keputihan Abnormal Dan cara mengatasi

Kekentalan lendir, warna, dan jumlah keputihan yang dikeluarkan bergantung pada siklus menstruasi yang dialami oleh wanita tersebut. Keputihan yang normal, lendir akan berwarna bening sampai dengan putih, tidak disertai gatal, tidak berbau, dan tidak ada nyeri pada daerah vagina. Apabila mengalami penyebab keputihan gatal, dan keputihan yang dikeluarkan sebaliknya perlu diwaspadai, serta segera diobati.

…sebelum lanjut baca,

Jenis-Jenis Keputihan Abnormal Dan Penyebab Keputihan Gatal

silahkan catat Artikel Rekomendasi ini  :

Keputihan yang tidak normal akan jarang dialami oleh remaja pubertas, dan yang telah mengalami menopause. Biasanya sering terjadi pada wanita reproduksi yang telah melakukan hubungan seksual.

Jenis-Jenis Keputihan Yang Tidak Normal

Penyebab keputihan gatal biasanya bisa terjadi infeksi pada vagina, terkadang juga dikarenakan adanya penyakit tertentu yang tidak diketahui. Di bawah ini jenis-jenis keputihan tidak normal, yang menjadi penyebab keputihan gatal, yaitu :

  1. Keputihan lendir berwarna kuning, hijau, dan berbuih

Merupakan jenis keputihan yang disebabkan oleh trikomoniasis, yakni penyakit menular seksual yang terkena parasit. Akibat dari infeksi ini, lendir biasanya berbau amis, yang keluar banyak, rasa sakit saat BAK, dan gatal-gatal di sekitar vagina, serta pembengkakan pada vagina, keputihan ini dapat diobati dengan antibiotik.

 

  1. Keputihan lendir berwarna cokelat, dan mengandung darah

Yang disebabkan karena siklus menstruasi yang tidak teratur. Akan tetapi jenis penyebab keputihan gatal ini, juga harus diwaspadai adanya indikasi kanker serviks dan rahim.

 

  1. Keputihan adanya rasa sakit, dan perdarahan

Merupakan salah satu jenis penyebab keputihan gatal, dengan ciri-ciri nyeri saat buang air kecil, perdarahan di luar menstruasi atau setelah berhubungan seksual, dan nyeri pada tulang panggul. Hal tersebut mengindikasikan adanya klamidia, dan gonoroe, harus segera tidak diobati. Jika tidak akan menjadi penyakit menular seksual, dan menginfeksi organ reproduksi wanita yang lainnya. Pengobatan yang harus dilakukan adalah dengan minum antibiotik, sesuai dengan anjuran dokter.

 

  1. Keputihan dengan luka melepuh di sekitar genital

Atau biasa disebut dengan herpes genital. Keputihan ini menimbulkan luka seperti sariawan yang rasa sangat perih di bagian organ genital. Dapat diobati dengan minum obat antivirus.

 

  1. Keputihan lendir berwarna putih, atau abu-abu dan berbau amis

Adanya perubahan keseimbangan jumlah bakteri normal di vagina, dapat menyebabkan infeksi vaginosis bakteri. Jenis penyebab keputihan gatal ini, mempunyai ciri-ciri, seperti lendirnya berwarna putih atau abu-abu, adanya rasa gatal, dan berbau amis. Keputihan ini tidak menular melalui hubungan seksual, dan dapat diobati dengan antibiotik.

 

  1. Keputihan lendir berwarna merah muda

Merupakan jenis penyebab keputihan gatal, karena adanya proses meluruhnya dinding rahim setelah melahirkan.

 

  1. Keputihan lendir cair, berwarna putih, dan terasa gatal

Keputihan ini disebabkan oleh infeksi jamur. Ciri-ciri dari jenis penyebab keputihan gatal ini, yaitu lendir yang dikeluarkan seperti susu kental, terasa gatal dan perih, nyeri saat berhubungan seksual, dan tidak berbau menyengat. Infeksi jamur ini tidak akan menular dengan hubungan seksual, pengobatannya dengan obat anti jamur.

Faktor yang menjadi penyebab keputihan gatal, yaitu :

  1. Kebersihan di daerah vagina tidak dijaga dengan baik.
  2. Adanya penyakit, atau infeksi pada alat genital
  3. Stress
  4. Penggunaan antibiotik yang tidak sesuai
  5. Penggunaan alat kontrasepsi pil
  6. Adanya parasite, jamur, bakteri dan virus

Semoga bermanfaat.

Add Comment