Gejala Gangguan Kesehatan Pada Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memiliki peranan vital. Peranan organ ginjal sangat penting karena organ ginjal adalah organ dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang terdapat didalam darah. Apabila kinerja organ ginjal terganggu, maka bisa dipastikan bahwa tubuh kita akan mengalami suatu gangguan kesehatan karena darah yang beredar didalam tubuh kita mengandung toksin atau racun. Maka, Anda perlu mengetahui beberapa tanda gejala gangguan kesehatan pada ginjal. Berikut ini adalah beberapa gejala gangguan kesehatan pada ginjal yang biasa ditemui:

air seni berbusa Gejala Gangguan Kesehatan Pada Ginjal

  1. Adanya Darah Didalam Air Seni

Air seni yang sehat adalah air seni yang berwarna putih kekuningan, jernih dan berbau khas air seni. Apabila Anda mempunyai air seni yang berwarna merah muda, merah, atau cokelat, maka Anda patut waspada akan adanya gangguan pada organ ginjal Anda. Air seni yang berwarna merah muda, merah maupun cokelat menandakan bahwa adanya kandungan darah didalam air seni Anda. Air seni yang mengandung darah merupakan salah satu gejala gangguan kesehatan pada ginjal.

Pada ginjal yang sehat, organ ini bisa memisahkan sel – sel darah merah ketika sedang menyaring zat racun didalam tubuh, sehingga air seni tidak bercampur dengan sel – sel darah merah. Namun ketika organ ginjal tidak sehat, sel – sel darah merah ini menjadi bercampur dengan air seni.

  1. Air Seni Berbusa

Ginjal yang masih normal akan memisahkan air seni dari protein yang ada didalam darah. Namun apabila air seni yang Anda keluarkan ternyata memiliki buih atau busa yang berlebihan, maka Anda patut waspada. Air seni yang berbuih atau berbusa berlebihan bisa menjadi salah satu gejala gangguan kesehatan pada ginjal. Air seni yang berbusa menandakan adanya zat protein yang ikut terbawa oleh air seni.

  1. Rasa Nyeri Saat Buang Air Kecil

Nyeri saat buang air kecil adalah gejala gangguan kesehatan pada ginjal yang biasa ditemui. Biasanya, penderita mengeluhkan sakit seperti terbakar atau nyeri pada saat ia buang air kecil. Selain itu, gejala ini umumnya disertai dengan keluhan buang air kecil tidak tuntas atau anyang – anyangan. Gejala ini dipicu oleh kerja ginjal yang tak sempurna akibat adanya infeksi atau peradangan di dalam ginjal maupun saluran kemih. Nyeri saat buang air kecil yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan akan diikuti dengan demam. Selain itu, penyakit batu ginjal juga bisa menjadi salah satu pemicu gejala ini.

  1. Sakit Pinggang Berkepanjangan

Gejala gangguan kesehatan pada ginjal lainnya adalah sakit pinggang. Sakit pinggang yang dimaksud disini adalah sakit pinggang yang berat dan berkepanjangan. Biasanya sakit pinggang karena gangguan fungsi ginjal bisa menjalar ke bagian tubuh lain, misal ke tungkai.

Semoga informasi mengenai gangguan fungsi ginjal diatas bisa bermanfaat. Segera periksakan diri Anda jika Anda menderita satu atau beberapa gejala diatas.

 

Add Comment