Faktor Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Lancar

adsense-fallback

Semua wanita pasti mengalami menstruasi.Ini merupakan hal wajar untuk semua wanita. Setiap wanita akan mengalami menstruasi sebulan sekali. Dan masa menstruasi terjadi selama 2 hingga 7 hari.Namun setiap wanita mempunyai masa menstruasi yang berbeda-beda tergantung hormonnya.Ada wanita yang mengalami 2 bulan sekali, ada wanita yang mengalami haid dengan waktu yang lama dan bermacam-macam.Ada juga yang mengalami menstruasi tidak lancar. Lantas apa penyebab menstruasi tidak lancar?

Banyak wanita yang belum mengetahuinya.Pengetahuan tentang penyebab haid tidak lancar sangatlah penting.Karena ini dapat mencegah anda mengalami gangguan-gangguan sistem reproduksi yang berbahaya.Berikut beberapa penyebab menstruasi tidak lancar yang wajib anda ketahui :

adsense-fallback
  • Berat badan

Salah satu penyebab menstruasi tidak lancar adalah berat badan.Berat badan yang naik dan turun signifikan sangat mempengaruhi siklus menstruasi.Berat badan yang naik secara signifikan dapat menjadi tanda adanya gangguan tiroid, penyakit ovarium polikistik. Sedangkan berat badan yang turun signifikan akan membuat lemak berkurang dan hormon pembentuk haid juga berkurang. Naik dan turunnya berat badan dapat terjadi karena adanya gangguan makan yang sedang alami, seperti bulimia nervosa dan anoreksia nervosa.

  • Stress emosional

Stress emosional merupakan penyebab menstruasi tidak lancar paling sering dialami oleh wanita. Saat wanita sedang mengalami stress tubuh akan memproduksi hormon stress, dan hormon ini akan mempengaruhi pengeluaran hormon menstruasi. Selain membuat menstruasi tidak lancar, stress juga membuat pengeluaran darah menjadi tidak stabil (kadang keluar banyak, kadang keluar sedikit). Beberapa hal yang membuat wanita stress antara lain kehilangan pekerjaan, kehilangan orang terdekat, deadline tugas dari kantor, mendekati ujian dan lain hal sebagainya.

  • Periode perimenopause

Pasti anda bingung apa itu perimenopause, perimenopause adalah periode dimana wanita akan mengalami menopause. Saat wanita akan memasuki masa menopause, anda akan mengalami gangguan pada siklus haid, baik menstruasi yang tidak lancar, jumlah darah yang keluar, hari menstruasi dan lain-lain. Perimenopause ini merupakan hal wajah yang menjadi penyebab menstruasi tidak lancar bagi wanita yang memiliki usia sekitar 46 tahun. Menstruasi tidak lancar yang diakibatkan oleh hal ini tidak perlu anda obati, alangkah lebih baik anda terima saja, karena merupakan hal wajar yang terjadi pada wanita lanjut usia.

  • Kontrasepsi hormonal

Penggunaan alat kontrasepsi juga dapat menjadi penyebab menstruasi tidak lancar.Banyak alat kontrasepsi yang dapat anda temukan antara lain adalah suntik KB, pil KB, KB hormonal dan yang lainnya. Alat kontrasepsi tersebut dapat membuat pendarahan menstruasi menjadi sedikit atau bahkan lebih banyak.Selain itu pemberian suntikan kontrasepsi pada ibu pasca melahirkan juga membuat menstruasi tidak lancar.Jika menstruasi tidak lancar yang anda alami dikarenakan kontrasepsi, konsultasikan ke dokter, agar nantinya anda dapat mengganti kontrasepsi.Karena jika kontrasepsi mengganggu siklus menstruasi menandakan kontrasepsi tersebut tidak cocok untuk anda.

  • Aktivitas berlebih

Tubuh yang lelah juga menjadi penyebab menstruasi tidak lancar. Jika anda beraktivitas berlebihan, akan membuat tubuh menjadi lelah, dan tidak dapat memproduksi hormon menstruasi. Ini akan membuat siklus menstruasi anda tidak lancar. Oleh karena itu wanita harus memahami kalender menstruasi, jika udah mendekati waktu menstruasi usahakan tidak melakukan aktivitas berlebih yang akan membuat tubuh menjadi kecapaian.

Itulah beberapa penyebab menstruasi tidak lancar yang harus anda ketahui.Jika menstruasi yang anda alami disebabkan karena beberapa penyebab umum, anda tidak perlu melakukan pengobatan khusus.Namun jika menstruasi tidak lancar karena penyakit dan lain-lain anda harus membawanya ke dokter.