Faktor Penyebab Keputihan Yang Berlebihan Atau Abnormal

adsense-fallback

Keputihan merupakan hal yang wajar yang biasa dialami wanita. Kondisi alami ini berfungsi untuk membersihkan serta melindungi vagina dari infeksi. Keputihan terjadi saat wanita mengeluarkan lendir dari vaginanya. Lendir yang di produksi oleh serviks atau leher rahim dan kelenjar dalam vagina ini akan keluar dengan sendirinya dengan membawa sel-sel yang mati.

adsense-fallback

Sebenarnya keputihan itu sendiri tergantung pada siklus menstruasi yang dialami seseorang, baik jumlah, warna serta kekentalan lendirnya. Lendir yang normal umumnya berwarna bening, tidak berbau dan tidak disertai gatal-gatal. Namun jika keputihan yang anda alami terdapat perubahan warna, jumlah lendir yang berlebihan, bau lendirnya tidak sedap, pendarahan di luar periode haid, dan disertai dengan gatal-gatal hingga terasa perih, sebaiknya anda patut wapsada.

Sebenarnya terdapat banyak faktor yang menjadi penyebab keputihan berlebihan, dari mulai pola hidup hingga kebiasaan buruk yang sering anda lakukan. Pada wanita dewasa memiliki tingkat infeksi bakteri yang lebih besar sehingga mengakibatkan keputihan tidak normal. Untuk mengetahui apa aja penyebab keputihan berlebihan, simak pembahasan berikut ini :

  1. Virus dan Jamur

Keputihan terjadi karena adanya virus dan jamur yang berkembang di dalam vagina. Adapun virus penyebab keputihan berlebihan tersebut yaitu :

  • Parasit Trichomonas Vaginalis

Ditularkan melalui hubungan seks, pada perlengkapan kamar mandi yang tidak bersih serta terdapat pada bibir kloset. Jamur ini mengakibatkan cairan yang keluar saat keputihan sangat kental, memiliki warna kuning ataupun hijau, dan berbau anyir. Keputihan yang disebabkan oleh jamur ini tidak menimbulkan rasa gatal. Namun saat vagina ditekan akan terasa sakit.

  • Jamur Monilia atau Candidas

Bercirikan memiliki warna putih seperti susu, cairannya sangat kental, berbau tidak sedap serta menimbulkan rasa gatal pada daerah vagina. Hal ini dapat membuat vagina anda menjadi radang. Biasanya hal ini terjadi karena adanya penyakit kencing manis, penggunaan pil KB serta daya tahan tubuh yang tidak stabil.

  • Bakteri Gardnella

Penyebab keputihan berlebihan yang ditimbulkan oleh bakteri Gardnella ini memiliki ciri berwarna keabuan, sedikit encer, berbau amis dan berbuih. Akibat bakteri ini dapat mengakibatkan rasa gatal yang sangat mengganggu.

  • Virus

Keputihan ini timbul akibat penyakit kelamin. Seperti contoh adanya penyakit HIV/AIDS, herpes dan conyloma. Jika terdapat kutil-kutil pada bibir vagina dan disertai bau yang tidak sedap ini menandakan adanya virus conydyloma. Orang yang biasanya mengalami penyakit ini biasanya pada ibu hamil. Selain itu juga terdapat penyakit herpes. Virus ini ditularkan akibat hubungan seks. Mempunyai ciri pada sekitar lubang vagina terdapat luka yang melepuh sehingga terasa panas. Juga terdapat penyakit yang bisa diakibatkan oleh virus, yaitu kanker pada mulut rahim yang sangat berbahaya.

  1. Pembalut

Penggunaan pembalut yang tidak benar saat anda mengalami menstruasi bisa dijadikan penyebab keputihan berlebihan. Penggunaan pembalut yang jarang diganti akan membuat bakteri yang terdapat pada pembalut untuk menginfeksi vagina.

  1. Kurangnya Menjaga Kebersihan Vagina

Bersihkan selalu vagina anda setelah buang air besar maupun buang air kecil dengan cara membersihkannya dari arah depan kemudian ke belakang. Jangan membersihkannya dengan buru-buru karena dapat melukai vagina anda.

  1. Penggunaan Obat

Penyebab keputihan berlebihan bisa juga dikarenakan karena adanya penggunaan obat pada saat melakukan penyembuhan. Sehingga anda diharuskan untuk mengkonsumsi obat setiap hari. Dari obat-obatan tersebut dapat mempengaruhi vagina sehingga terjadi keputihan.

  1. Penggunaan Celana yang Ketat

Jika anda terbiasa menggunakan celana ketat dalam berpakaian, mulailah untuk mengurangi kebiasaan buruk tersebut. Karena celana ketat dapat membuat otot-otot pada daerah di sekitar vagina menjadi bekerja ekstra. Gunakan pula celana dalam berbahan katun agar mudah dalam penyerapan keringat sehingga vagina tidak mudah iritasi.

 

Demikianlah ulasan tentang keputihan yang berlebihan. Semoga bermanfaat.