Faktor Penyebab Haid Lebih Dari 15 Hari

Semua wanita pasti akan mengalami menstruasi, hal ini sudah menjadi hal wajar untuk semua wanita. Jika seorang wanita tidak mengalami menstruasi ini dapat menandakan wanita tersebut terserang penyakit atau mengalami kemandulan.Haid biasanya berlangsung selama 2 hingga 7 hari, masa atau periode haid berbeda setiap wanita.Karena setiap wanita memiliki hormon dan daya tubuh berbeda.Masa haid juga dapat berlangsung selama 15 hari.Jika anda mengalami hal tersebut, alangkah lebih baik anda membawanya ke dokter.Karena penyebab haid lebih dari 15 hari belum banyak ditemukan, namun kebanyakan orang menganggap haid yang memiliki periode lebih dari 15 hari menandakan sebuah penyakit.Oleh karena itu anda harus membawanya ke dokter spesialis kandungan. Berikut beberapa penyebab haid lebih dari 15 hari :

  • Terlalu capek

Wanita yang terlalu capek dapat mengalami masa periode menstruasi lebih lama. Penyebab haid lebih dari 15 hari ini terjadi karena tubuh yang lelah tidak dapat mengontrol pembentukan hormon menstruasi didalam tubuh.Sehingga menstruasi dapat terjadi sangat cepat atau bahkan sangat lama hingga 15 hari.Jika anda mengalami hal tersebut cobalah untuk beristirahat agar haid anda lekas berhenti.

  • Obesitas atau kegemukan.

Kegemukan juga menjadi penyebab haid lebih dari 15 hari.Kegemukan membuat banyaknya lemak didalam tubuh, yang dapat memicu pembentukan hormon menstruasi didalam tubuh.

  • Hormon yang tidak seimbang

Salah satu penyebab haid lebih dari 15 hari adalah adanya ketidakseimbangan hormon didalam tubuh.sehingga saat hormon harusnya berhenti, hormon tersebut masih diproduksi. Hal ini juga merupakan penyebab yang paling utama. Dan dokter biasanya akan memberikan obat pemberhenti pendarahan.

  • Alat kontrasepsi

Bagi anda yang sudah berpasangan, dan mengalami periode menstruasi yang lama, alat kontrasepsi yang anda gunakan dapat menjadi penyebab haid lebih dari 15 hari.Setiap wanita memiliki kecocokan tersendiri terhadap alat kontrasepsi, jika menstruasi anda lama dan diakibatkan karena alat kontrasepsi.Konsultasikan kedokter kandungan, dan gunakan alat kontrasepsi yang cocok untuk tubuh anda.

  • Terdapatnyabeberapa penyakit didalam tubuh

Penyakit yang bersarang didalam tubuh juga menjadi penyebab haid lebih dari 15 hari. Beberapa penyakit tersebut adalah kencing manis, trombositopenia (pembekuan darah atau kekurangan trombosit) dan berbagai penyakit lainnya.

  • Penyakit di dalam alat reproduksi wanita

Terdapatnya penyakit didalam alat reproduksi wanita juga menjadi penyebab haid lebih dari 15 hari. Banyak sekali penyakit yang menyerang alat reproduksi wanita, antara lain tumor di organ kewanitaan, infeksi vagina, kista ovarium, kanker serviks dan lain-lain.

Beberapa penyebab haid lebih dari 15 hari tersebut juga memberikan dampak pada sang penderita, diantaranya:

  • Mudah lelah

Darah yang keluar dalam jangka waktu lama dan banyak membuat pasokan darah didalam tubuh berkurang. Tubuh akan mudah lelah karena tubuh kekurangan darah yang memasok oksigen keseluruh tubuh.

  • Perubahan warna kulit

Haid yang memiliki periode lama akan membuat kulit terlihat pucat dan mengalami pigmentasi.

  • Kulit menjadi tidak kencang

Kurangnya pasokan darah didalam tubuh membuat kulit menjadi tidak kencang, ini karena kulit kekurangan oksigen.

  • Anemia

Penderita haid lebih dari 15 hari akan mengeluarkan banyak darah, sehingga tubuh akan mengalami kekurangan darah atau yang biasa disebut anemia. Anemia ini akan membuat kesehatan tubuh berkurang.

Itulah beberapa penyebab haid lebih dari 15 hari yang perlu anda waspadai.Jika anda mengalami hal tersebut, langsung saja anda melakukan pemeriksaan ke rumah sakit.Agar tubuh anda tidak kekurangan darah, dan kesehatan tubuh tidak terganggu.Semoga bermanfaat.

Add Comment