Ciri-Ciri Menopause Dini Yang Perlu Diperhatikan

Menopause adalah peristiwa yang normal dan alami oleh semua wanita. Kebanyakan dari mereka merasakan adanya gangguan, serta keluhan saat masa menopause menghampiri mereka. Akan tetapi kebanyakan orang akan menanggapinya sebagai proses menua, atau malah tidak mengetahui jika hal tersebut adalah ciri-ciri menopause dini. Sehingga tidak sesuai dalam mengobati.

inilah wanita Menopause Dini Yang Perlu Diperhatikan

Menopause adalah kondisi berhentinya secara fisiologis siklus menstruasi, pada saat wanita memasuki usia lanjut. Akan tetapi, sekarang ini banyak wanita di masa produktifnya mengalami ciri-ciri menopause dini.

Gejala Menopause Dini

Ada beberapa gejala yang dialami seorang wanita saat memasuki masa menopause. Dan sangat penting untuk lebih awal mengetahuinya, gejala dari ciri-ciri menopause dini, adalah sebagai berikut :

  1. Pada tahap awal, akan mengalami menstruasi yang tidak teratur.
  2. Sebelum masuk menopause, akan mengalami perimenopause. Merupakan suatu keadaan dimana siklus menstruasi tidak teratur, dapat berlangsung lama, dan dapat pula berlangsung pendek.
  3. Gairah untuk melakukan hubungan seksual menjadi menurun, hal ini dikarenakan adanya ketidakseimbangnya hormon.
  4. Mengalami hot flashes, yaitu keadaan dimana seorang wanita mengalami rasa panas yang luar biasa di seluruh tubuh, dan ditandai dengan keluarnya keringat serta wajah yang memerah. Disebabkan karena menurunnya kadar esterogen di dalam tubuh.
  5. Vagina menjadi mengering. Hal ini dikarenakan hormon esterogennya berkurang. Sehingga jaringan di vagina mengering, tipis, dan tidak elastis.
  6. Tidak dapat tidur, atau mengalami insomnia.
  7. Terjadinya perubahan mood.
  8. Sering mengalami kecapekan, dan mudah lelah.
  9. Terjadinya pertambahan berat badan. Hal ini dikarenakan menurunnya hormon esterogen, sehingga menyebabkan penimbunan lemak di dalam tubuh.

 

Perubahan Saat Menopause

Ciri-ciri menopause dini secara fisiologi dapat dikenali dengan adanya perubahan pada organ reproduksi wanita. Perubahan-perubahan yang terjadi selama terjadinya menopause dini yaitu :

  1. Rahim atau Uterus

Ciri-ciri menopause dini pada rahim yaitu bentuk dari rahim mengecil. Hal ini disebabkan karena mengecilnya selaput lendir rahim, menurunnya cairan di rahim, dan terjadi perubahan bentuk pada jaringan ikat antar sel. Pada masa ini serabut otot rahim akan menebal, pembuluh darah myometrium akan menonjol dan menebal.

 

  1. Saluran Indung Telur

Lipatan-lipatan yang ada pada tuba, akan berubah menjadi menipis, mengerut, dan memendek. Pada bagian endosalping akan mendatar, menipis, serta menghilangnya rambut getar pada tuba.

 

  1. Ovarium

Pada ovarium akan mengalami ciri-ciri menopause dini yaitu adanya gangguan pada peredaran darah di ovarium, tidak menghasilkan sel telur lagi, folikel primer menjadi tidak dapat matang dengan baik, serta meningkatnya kadar hormon gonadotropin.

 

Gangguan Kesehatan Saat Menopause

Di saat seorang wanita mengalami masa menopause, akan mengalami dua jenis gangguan kesehatan yang menyertai ciri-ciri menopause, yaitu :

  1. Penyakit Jantung

Banyak dialami oleh wanita yang telah memasuki masa menopause, akan mengalami penyakit jantung. Disebabkan kadar esterogen yang tinggi mampu menambah berat badan, dan tekanan darah. Sehingga pembuluh darah yang mengalirkan ke jantung tidak dapat bekerja dengan baik.

 

  1. Osteopororsis

Merupakan gangguan kesehatan yang dikarenakan berkurangnya kepadatan tulang, dan kelainan mikro-arsitektur yang mengakibatkan tulang mudah terkeropos. Meskipun wanita masih berusia muda, akan tetap mengalami osteroporosis. Karena pada masa menopause akan mengalami penurunan pada kadar esterogen, terjadi karena efek diet diabetes yang sedang dijalani. Pada saat masa diet pemenuhan kebutuhan akan kalsium dan nutrisi tidak dapat mencukupi kebutuhan tubuh.

Di atas adalah pembahasan tentang ciri-ciri menopause dini, lebih baik lagi jika anda dapat mengetahuinya lebih awal, sehingga bisa mendapatkan pengobatan yang tepat. Menopause memang tidak dapat menghindari, tetapi dengan mengetahui akan mengurangi rasa cemas, dan membantu anda solusi mengatasinya.

Add Comment