Cara Menjaga Kandungan Agar Selalu Sehat

Seseorang telah menikah, tentunya mendambakan kehadiran seorang bayi untuk melengkapi keluarga kecilnya. Untuk ibu muda kehamilan pertama merupakan kehamilan emas, yang ditunggu-tunggu dan juga mempunyai perasaan yang khawatir. Perasaan tentang keadaan janin yang ada di dalam kandungannya, serta rasa cemas saat persalinan nantinya.

Akan lebih baik jika wanita yang sedang hamil, juga mau mempelajari cara menjaga kandungan, hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama hamil, serta makanan yang harus dipenuhi selama hamil. Hal ini dilakukan untuk perkembangan janin di dalam kandungan, juga kesehatan ibu itu sendiri. Orangtua pastinya menginginkan bayi sehat, lahir sempurna, dan cerdas, untuk itu sangat perlu diperhatikan nutrisi yang masuk selama di dalam kandungan.

agar cepat hamil dengan Cara Menjaga Kandungan Agar Selalu Sehat

…sebelum lanjut baca,

Cara Menjaga Kandungan Agar Selalu Sehat

silahkan catat Artikel Rekomendasi ini  :

Beberapa cara menjaga kandungan yang dapat dilakukan sendiri, dan tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal yaitu :

  1. Menghindari Merokok

Rokok mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan janin di dalam kandungan. Apalagi jika masih hamil muda, lebih baik untuk tidak merokok dan menghindari asap rokok. Selain membuat sesak, juga dapat menimbulkan kecacatan pada bayi.

 

  1. Memenuhi Asupan Nutrisi

Cara menjaga kandungan selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang. Karena saat di kandungan adalah tahap perkembangan, dimulai dari pembentukan tulang, organ, dan juga otak si janin. Sehingga sangat penting untuk memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Nutrisi yang diperlukan, dan harus dipenuhi oleh tubuh, adalah protein, mineral, karbohidrat, vitamin, asam folat, dan kalsium. Yang dimana semua nutrisi di atas terdapat di dalam sayuran, buah, ikan, kacang hijau, dan lain-lain.

 

  1. Menjaga Pola Hidup Sehat

Menjaga dan mengatur pola hidup sehat juga merupakan cara menjaga kandungan. Yaitu dengan tidak minum alkohol, dan minuman yang mengandung kafein. Akan lebih baik jika memperbanyak minum air putih untuk memenuhi mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, dan janin.

 

  1. Istirahat yang Cukup

Selama hamil harus selalu memperhatikan kebutuhan istirahat yang cukup, secara lahir, dan rohani. Supaya keadaan ibu tetap sehat, dan janin tetap aman.

 

  1. Melakukan Hubungan Seksual Secukupnya

Untuk melakukan hubungan seksual dengan suami, selama hamil diperlukan konsultasi pada dokter atau bidan. Kegiatan ini diperbolehkan pada saat hamil, akan tetapi tetap harus memperhatikan kondisi si ibu, dan dilakukan dengan sangat hati-hati.

 

  1. Tidak Melakukan Aktivitas yang Berat

Selama hamil bukan berarti tidak melakukan aktivitas sama sekali. Akan lebih baik jika seorang ibu yang sedang hamil tetap melakukan aktivitasnya, dan si ibu mengetahui cara menjaga kandungan selama beraktivitas. Namun selama hamil tidak disarankan beraktivitas yang terlalu berat, karena selama hamil akan mudah mengalami lelah.

 

  1. Mengontrol Emosi

Seorang ibu hamil akan mengalami perasaan yang mudah tersinggung, marah, dan sensitif. Akan lebih baik jika bisa menjadi ibu yang bijak, yang dapat mengontrol emosinya. Karena selama hamil tidak diperbolehkan stress, dan tetap menjaga komunikasi dengan suami. Untuk dapat mengontrol emosi, dapat dilakukan dengan memperbanyak beribadah, atau dengan relaksasi dengan yoga. Hal ini juga menjadi salah satu cara menjaga kandungan.

 

  1. Senam Ibu Hamil atau Olahraga

Olahraga dengan senam hamil, dapat membantu untuk melancarkan peredaran darah, dan membuat tubuh menjadi rileks. Sebaiknya si ibu memilih olahraga yang ringan, seperti yoga dan senam hamil. Dengan melakukan olahraga juga merupakan cara menjaga kandungan.

 

  1. Rajin Kontrol Kandungan

Cara menjaga kandungan yang terakhir adalah rajin memeriksakan kandungannya ke dokter, atau bidan. Hal ini untuk mengetahui perkembangan janin, mengatasi keluhan ibu selama hamil, serta mendapatkan vitamin yang tepat untuk ibu, dan janin.

Semoga bermanfaat.

 

Add Comment