Cara Menghilangkan Gatal Pada Kemaluan Wanita Secara Alami

adsense-fallback

Pernahkah anda mengalami keputihan pada kemaluan anda yang menyebabkan gatal? Kebanyakan wanita pasti akan merasa malu, gelisah dan risih dengan kondisi tersebut. Hal ini terjadi karena memang bibir vagina rentan terkena bakteri penyebab gatal. Karena gatal tersebut, anda pasti akan menggaruk area organ intim anda sehingga timbul lecet dan bahkan bisa melukai vagina anda. Ada banyak faktor yang dapat membuat vagina anda terasa gatal, diantaranya adanya jamur, bakteri, alergi terhadap bahan kimia, penyakit kelamin yang menular bahkan hingga adanya tumor pada area tersebut.

adsense-fallback

Pada situasi seperti ini, biasanya wanita akan merasa khawatir akan kondisi tersebut ,sehingga mencari obat untuk mengobati rasa gatal pada vaginanya. Ada beberapa cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami yang bisa anda lakukan sebelum melakukan tindakan medis. Berikut cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami yang bisa anda lakukan :

  1. Jangan Menggaruk

Teknik yang cukup simple sebagai cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami yaitu dengan cara jangan menggaruk, menggosok maupun menekan pada daerah gatal tersebut. Tahukah anda, tindakan-tindakan tersebut justru akan menimbulkan iritasi dan membuatnya semakin gatal. Hindari juga kontak seksual, karena bisa saja rasa gatal yang di alami karena adanya penyakit menular.

  1. Mengganti Celana Dalam

Usahakan anda selalu mengganti celana dalam anda pada setiap kali terasa basah, kotor dan berkeringat. Karena hal tersebut dapat membuat vagina anda menjadi lembab yang akan membuat kuman dan bakteri menimbulkan rasa gatal yang tidak karuan. Cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami juga bisa dilakukan dengan mengganti celana dalam anda setelah melakukan aktivitas seharian, seperti berolahraga.

  1. Membasuh Dengan Benar

Hal sepele yang dapat membuat gatal pada kemaluan anda yaitu perhatikan pada setiap kali selesai buang air besar maupun buang air kecil. Basuhlah organ intim anda dengan benar yaitu dari arah depan vagina sampai ke daerah belakang anus. Pastikan juga tangan anda sudah bersih sebelum membasuh dan sesudah membasuh kemaluan anda.

  1. Hindari Celana Ketat

Mengenakan celana berbahan katun juga merupakan cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami. Bahan katun dipercaya dapat menyerap keringat dengan baik. Hindari menggunakan celana yang ketat, selain membuat tidak nyaman juga dapat menghimpit otot-otot pada sekitar vagina yang dapat membuat vagina mudah berkeringat.

  1. Waspada Menggunakan Toilet Umum

Penelitian menyebutkan, air dalam toilet umum terutama yang berada di bak maupun ember, terdapat 70 persen mengandung jamur Candida Albicans. Jamur inilah yang dapat membuat anda terserang keputihan serta menimbulkan rasa gatal di daerah vagina. Sementara air yang mengalir pada air kran toilet umum mengandung 10 persen hingga 20 persen jamur yang sama.

  1. Mengurangi Penggunaan Pembersih Miss V

Cairan pembersih organ intim wanita bisa juga di jadikan solusi untuk menghilangkan rasa gatal pada kemaluan wanita. Namun, alangkah baiknya jika anda jangan terlalu sering membersihkan vagina anda menggunakan sabun pembersih kewanitaan. Hal ini dikarenakan dapat mengganggu keseimbangan PH pada vagina dan di khawatirkan pula bakteri baik pada vagina juga mati yang dapat memicu tumbuhnya jamur.

  1. Obati Dengan Salep

Jika anda sudah melakukan cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami di atas, namun masih terasa gatal, anda bisa menggunakan salep. Anda bisa menggunakan salep yang biasa di gunakan pada bayi untuk mengobati ruam popok. Atau anda juga bisa menggunakan salep khusus untuk organ intim anda. Namun anda harus mengkonsultasikan dahulu pada dokter dalam penggunaannya.

 

Semoga cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami di atas bermanfaat.