Cara dan Tips Menghilangkan Ketombe Rambut Secara Alami

Cara dan Tips Menghilangkan Ketombe Rambut Secara Alami – Ketombe merupakan sebuah serpihan kulit mati yang menempel di kepala. Ketombe sering kali terlihat di bahu menyerupai titik titik berwarna putih pada umumnya. Meskipun ketombe bukanlah sebuah penyakit yang menular, namun hal ini juga gampang gampang susah untuk disembuhkan. Butuh kesabaran dan riset untuk benar benar menghilangkan ketombe dari kulit kepala kita. Ketombe sering kali ditandai dengan munculnya rasa gatal yang ada di kepala kita.

…sebelum lanjut baca, silahkan catat Artikel Rekomendasi ini  :

Tentu saja ini juga membuat seseorang terkadang kurang percaya diri dengan keberadaannya. Ketombe sendiri bukanlah suatu penyakit yang disebabkan karena permasalahan rambut maupun seberapa sering anda mencucinya. Selain orang dewasa, bayi yang baru lahir pun bisa terkena penyakit seperti yang dinamakan cradle cap, yaitu suatu kondisi kelainan pada bayi yang menyebabkan kulit  kepala seperti bersisik. Namun jangan khawatir dengan keberadaan cradle cap, karena itu bukan merupakan sebuah penyakit yang serius dan akan hilang dengan sendirinya ketika menginjak usia tiga tahun.

Cara Menghilangkan Ketombe

Cara Menghilangkan Ketombe

Faktor Penyebab Ketombe pada Rambut

Secara normal, tubuh akan merontokkan sel kulit yang telah mati setelah sel kulit yang baru telah terbentuk. Jika dalam tubuh memproses terlalu cepat untuk menggantikan sel kulit mati dan sel kulit yang baru, itulah yang menjadi masalah sebenarnya. Kematian sel kulit yang terlalu cepat akan menyebabkan terjadinya ketombe, bahkan penyebab terlalu cepatnya pergantian sel kulit mati dan baru pun belum diketahui. Salah satu kemungkinan terjadinya maslaah tersebut adalah kondisi yang menyebabkan kulit menjadi berminyak.

Selain itu beberapa peristiwa yang menjadikan kepala berketombe diantaranya adalah pemakaian produk secara berlebihan, mengalami stres, bahkan jarang membersihkan rambut yang dapat menyebabkan ketombe akan semakin parah. Sesorang yang mengalami masa pertumbuhan menjadi dewasa atau masa pubertas akan lebih sering terkena ketombe, pada umunya ketombe sendiri frekuensi munculnya terjadi lebih banyak pada pria daripada wanita. Ketombe pun jarang terjadi sampai pada permasalahan medis yang serius. Lalu apakah faktor yang menjadi penyebab ketombe pada rambut?

Faktor Penyebab Ketombe pada Rambut

  • Kulit kepala yang kering. Salah satu faktor penyebab timbulnya ketombe adalah kulit kepala yang kering, itu merupakan penyebab yang paling sering dan umum dialami seseorang. Gejala kulit kepala yang kering pun bisa dilihat dari fisik kita, yaitu ditandai dengan bagian kulit tangan dan kaki yang kering.
  • Iritasi dan Kulit berminyak. Kondisi iritasi dan kulit berminyak juga paling sering menjadi penyebab munculnya ketombe. Pada kondisi ini ditandai dengan gejala kulit berminyak berwarna merah dan serpihan kulit putih berwarna kekuningan.
  • Kurang Keramas. Permasalahan ketombe pada rambut selanjutnya adalah kebiasaan yang kurang menjaga kebersihan pada rambut, yaitu kurang keramas. Kurang keramas akan menjadikan sel kulit yang mati dan minyak akan menumpuk dan akhirnya menyebabkan ketombe.
  • Infeksi jamur malassezia. Malassezia biasanya hidup di kulit kepala tanpa menyebabkan penyakit. Tapi jika tumbuh dan berkembang secara berlebihan, jamur ini akan menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Iritasi tersebut menyebabkan pertumbuhan sel kulit yang lebih cepat. Sel kulit yang berlebihan akan mati dan menempel pada rambut.
  • Alergi terhadap Produk yang tidak cocok. Pemakaian produk pada rambut yang tidak cocok dengan kulit kepala akan menyebabkan alergi. Alergi tersebut menyebabkan ketombe dan akan terasa sangat gatal.
  • Stres. Pada kondisi seseorang yang stres sebenarnya juga akan sangat berpengaruh dalam pertumbuhan ketombe.
  • Faktor cuaca. Dalam keadaan cuaca yang berlebihan juga dapat menyebabkan timbulnya ketombe. Misalkan saja keadaan cuaca yang terlalu dingin maupun terlalu panas.

 

Pengobatan Ketombe pada Rambut

Sesorang yang terkena ketombe sangat bisa untuk disembuhkan, namun harus tekun dan sabar. Pengobatan ketombe salah satunya dengan menggunakan sampo anti ketombe yang banyak dijual di pasaran. Namun sebenarnya tidak semua produk cocok dengan kulit kepala, maka dari itu harus melakukan uji coba dengan beberapa produk sampo yang cocok dengna kulit kepala masing masing. Jika tidak cocok dengan produk sampo, akan mengalami alergi seperti panas pada kepala dan gatal gatal.

Banyak sekali produk sampo yang bisa anda dapatkan mulai di toko terdekat , dan apotek. Berikut ini akan dijelaskan beberapa keterangan kandungan  yang ada pada sampo yang bisa anda seleksi dahulu sebelum membeli produk sampo.

  • Zinc pyrithione. Zat pada sampo ini berfungsi untuk membunuh jamur pada kulit kepala yang bisa menyebabkan ketombe.
  • Salicylic acid atau asam salisilat. Zat ini membantu melembutkan dan membuang kulit mati yang menumpuk pada kulit kepala. Jika terjadi kulit kering setelah memakai asam salisilat, Anda bisa gunakan pelembap atau conditioner rambut setelah memakai sampo itu.
  • Sampo berbahan ter. Bahan ter bisa membantu memperlambat produksi sel kulit mati.
  • Selenium sulfide. Zat ini berfungsi memperlambat produksi sel kulit dan membantu mengurangi pertumbuhan jamur. Bahan ini tidak cocok untuk rambut yang telah menjalani perawatan kimia seperti diwarnai.
  • Ketoconazole. Zat ini memiliki dampak yang cukup kuat sebagai obat antijamur. Biasanya bahan ini digunakan jika bahan lain tidak memberikan hasil.

Untuk penggunaannya pun pada setiap produk berbeda beda. Anda bisa melihat keterangan yang berada di produk tersebut. Untuk cara penggunaan sampo yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

 

Cara Mencuci Rambut yang Benar

  1. Tuangkan secukupnya sampo pada tangan
  2. Usapkan pada tangan hingga sampo merata
  3. Kemudian usapkan sampo ke rambut
  4. Pijit secara perlahan kurang lebih 5 menit
  5. Diamkan selama kurang lebih 15 menit sehingga sampo akan bekerja
  6. Basuh rambut sampai bersih menggunakan air bersih

 

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dengan Bahan Alami

  • Menggunakan Lidah Buaya. Menurut penelitian, cairan dari daun lidah buaya bisa digunakan untuk mengurangi ketombe dan juga meredakan rasa gatal pada kulit kepala.
  • Menggunakan Soda Kue. Bahan yang cukup umum untuk membuat kue juga bisa membantu mengurangi ketombe.
  • Menggunakan Minyak Pohon Teh.  Gunakan sedikit minyak ini terutama pada bagian yang bersisik di kulit kepala. Menggunakan minyak pohon teh akan menyebabkan alergi pada beberapa orang, jadi jangan gunakan untuk jangka panjang.
  • Menggunakan Minyak Zaitun. Minyak Zaitun juga dapat berfungsi sebagai penghilang ketombe. Untuk dapat menghilangkan ketombe caranya adalah oleskan sedikit minyak zaitun pada bagian yang bersisik, lalu gunakan sisir pada daerah yang diolesi setelah satu jam. Namun jangan terlalu sering untuk menghindari rambut berminyak.

Itulah beberapa tips mengenai pengertian ketombe, faktor yang menyebabkan ketombe hingga cara menghilangkan ketombe baik menggunakan bahan yang alami maupun non alami. Semoga bermanfaat.

Add Comment