Cara Aman Mengatasi Keputihan Pada Ibu Hamil

Keputihan merupakan masalah yang sangat mengganggu bagi wanita. Dengan adanya keputihan ini membuat penderitanya tidak nyaman sehingga tidak bisa percaya diri. Tak lepas dari persoalan ini, ibu hamil pun tak luput dari adanya masalah keputihan. Keputihan yang terjadi pada ibu hamil disebabkan adanya perubahan hormone serta aliran darah di daerah rahim, yang bisa menyebabkan proses sekresi di area kewanitaan meningkat. Adanya perubahan hormon tersebut juga dapat mengubah keasaman di vagina, sehingga bisa menjadi penyebab tumbuhnya jamur di area vagina yang bisa menyebabkan iritasi.

Sebenarnya sekresi pada area vagina yang normal tidak menimbulkan rasa gatal, namun jika sudah terinfeksi biasanya disertai dengan gatal-gatal, dan nyeri. Jika sudah parah bisa disertai dengan rasa sakit ketika buang air kecil.

Keputihan yang dialami pada ibu hamil haruslah segera ditangani. Jika tidak segera ditangani virus dan bakteri dalam keputihan tersebut bisa dengan mudah menular langsung pada bayi yang sedang di kandungnya melalui proses persalinan. Untuk itu berikut ulasan cara mengatasi keputihan pada ibu hamil agar bayi yang anda kandung tetap sehat tanpa adanya penyakit yang disebabkan oleh keputihan.

Cara Mengatasi Keputihan Pada Ibu Hamil

  1. Menjaga Kelembaban Vagina

Cara mengatasi keputihan pada ibu hamil yang pertama yaitu dengan selalu menjaga kelembaban vagina anda. Vagina yang terlalu lembab juga kurang baik untuk kesehatan vagina, karena terdapat bakteri dan jamur yang lebih banyak berkembangbiak pada daerah yang lembab. Sebenarnya tingkat keasaman pada vagina berkisar 3,5. Apabila terjadi perubahan warna serta bau, akan meningkatkan keasaman pada daerah vagina sehingga akan timbul rasa nyeri.

  1. Gunakan Celana Dalam Berbahan Katun

Bahan katun memang dapat menyerap keringat dengan baik, sehingga vagina tidak mudah lembab. Selain itu jangan menggunakan pakaian yang ketat karena dapat memperburuk sirkulasi udara pada daerah vagina.

  1. Hindari Penggunaan Sabun Pembersih Kewanitaan

Tidak menggunakan sabun pembersih organ kewanitaan juga merupakan cara mengatasi keputihan pada ibu hamil yang bisa dilakukan. Hal ini dilakukan karena sabun pembersih vagina mempunyai PH basa yang hanya akan mengganggu keseimbangan dan mengurangi keasaman pada vagina.

  1. Hindari Penggunaan Pantyliner

Walaupun sedang keputihan, hindari penggunaan pantyliner. Ini karena pantyliner bisa menyebabkan sirkulasi udara menjadi terhambat. Tetap diperbolehkan menggunakan pantyliner, akan tetapi tidak diperbolehkan menggunakannya setiap hari.

  1. Kurangi Makanan Manis dan Kafein

Makanan manis dapat menimbulkan glukosa dalam  tubuh meningkat. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja kandung kemih saat pembuangan yang berupa urine. Kandungan kafein dalam kopi juga dapat mengganggu pencernaan saat masa kehamilan.

  1. Daun Sirih

Daun sirih dipercaya mempunyai kandungan antii bakteri yang dapat dijadikan sebagai salah satu cara mengatasi keputihan pada ibu hamil. Karena daun sirih berasal dari tanaman alami, maka penggunaannya di jamin aman dan tidak menimbulkan efek samping. Caranya yaitu dengan merebus beberapa lembar daun sirih. Air rebusan itulah yang digunakan untuk mencuci vagina anda. Cara ini merupakan cara mengatasi keputihan pada ibu hamil yang paling efektif dalam menangani masalah keputihan.

  1. Perbanyak Mengkonsumsi Bawang Putih

Selain dijadikan bumbu masakan, bawang putih juga berkhasiat untuk mengatasi keputihan pada ibu hamil. Bawang putih dipercaya mengandung zat ampuh untuk membunuh bakteri pada area vagina. Tambahkan olahan bawang putih pada hidangan masakan anda agar masalah keputihan anda bisa cepat teratasi.

  1. Hindari Stres

Stres dapat memicu masalah keputihan. Hormon pada tubuh menjadi meningkat karena adanya stress sehingga menyebabkan keluarnya cairan pada vagina.

 

Itulah ulasan tentang cara mengatasi keputihan pada ibu hamil. Semoga informasi ini dapat beramanfaat.

 

Add Comment