Berbagai Cara Merawat Gigi Yang Berlubang

Berbagai Cara Merawat Gigi Yang Berlubang – Gigi merupakan sebuah organ yang sangat penting yang memiliki peran sebagai pelumat makanan. Oleh karena itu kesehatan gigi pun sangat perlu untuk dijaga. Gigi menjadi organ yang seringkali berkontak langsung dengan bakteri. Seringkali orang mengeluhkan sakit gigi yang disebabkan oleh gigi yang berlubang. Gigi berlubang disebabkan oleh rusaknya gigi karena adanya bakteri di dalam mulut. Gigi yang berlubang menjadi masalah yang cukup sering dialami oleh sebagian besar masyarakat di sekitar, ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya pasien gigi yang mengeluhkan merasa linu pada gigi yang berlubang.

Berbagai Cara Merawat Gigi Yang Berlubang

Berbagai Cara Merawat Gigi Yang Berlubang

Rasa nyeri berlebih terjadi karena kurang perhatiannya untuk merawat gigi berlubang. Merawat gigi sejak dini sangat dianjurkan, karena gigi banyak terdapat akar dan juga syaraf yang cukup sensitive. Sehingga jika terjadi gangguan pada gigi, akan mudah terasa linu bahkan bisa menjadi sakit yang luar biasa dengan terjadinya pembengkakan pada gusi. Selain itu gigi juga sangat berpengaruh terhadap penampilan, sehingga patut untuk dijaga kebersihannya dan kesehatannya.

…sebelum lanjut baca, silahkan catat Artikel Rekomendasi ini  :

Jika sudah terjadi masalah pada gigi sebaikanya segera melakukan perawatan yang lebih intensif, apalagi jika sudah merasakan rasa nyeri pada gigi akibat gigi berlubang. Perawatan gigi sebaiknya dilakukan 6 bulan sekali untuk mendapatkan gigi yang sehat juga bersih. Perawatan gigi bisa dilakukan dengan mengunjungi dokter gigi.

Cara Merawat Gigi Berlubang Pada Doter Gigi :

  1. Kenali Tanda Gigi Yang Berlubang. Pertama-tama kenali lebih dahulu tanda-tanda gigi yang bermasalah atau berlubang. Hal ini sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda dan gejala gigi yang berlubang sedini mungkin. Dengan adanya langkah ini, anda dapat mengambil langkah untuk menangani dan melakukan pencegahan lubang gigi yang semakin membesar dan bertambah nyeri. Gejala yang biasanya timbul adalah dengan adanya rasa nyeri ringan sampai parah ketika sedang makan makanan yang dingin, panas ataupun manis, rasa nyeri saat sedang menggigit makanan, dan juga terdapat warna kehitaman atau lubang pada gigi.
  2. Rutin ke Dokter Gigi. Kunjungi dokter gigi dalam waktu setahun 2 kali untuk pemeriksaan kesehatan gigi dan juga mulut. Jika terdapat gigi yang berlubang, maka akan segera diatasi secara cepat oleh dokter gigi untuk mengantisipasi rasa sakit yang berkelanjutan.
  3. Terapi Florida. Cara merawat gigi berlubang juga bisa dilakukan dengan melakukan terapi florida. Terapi ini dilakukan pada tahap awal terjadinya lubang, karena florida dapat memperbaiki gigi yang rusak. Perawatan florida dilakukan dengan menggunakan gel, pasta tau larutan yang dapat untuk melapisi gigi dan memperkuat enamel gigi.
  4. Menambalkan Gigi. Menambal gigi yang berlubang yang juga dikenal sebagai tindakan pemulihan yang biasanya dilakukan ketika kerusakan gigi mencapai ke dalam enamel, dan menjadi permanen. Pertama-tama dokter akan membersihkan gigi yang berlubang dengan menggunakan bor, kemudian menambal lubang gigi dengan bahan tambalan yang sewarna dengan gigi.
  5. Memasang mahkota gigi. Memasang mahkota gigi atau jaket juga merupakan cara merawat gigi berlubang yang bisa dilakukan. Mahkota gigi ini dipasang menyelubungi gigi. Ini dilakukan untuk mengatasi gigi yang berlubang. Perawatan ini dilakukan jika kerusakan gigi sudah melebar.
  6. Cabut Gigi. Apabila gigi sudah tidak bisa diselamatkan, maka gigi akan lebih aman untuk dicabut.

Cara Merawat Gigi Berlubang Yang Dapat Dilakukan Di Rumah :

  1. Menggosok Gigi. Menggosok gigi setelah makan, terutama makam makanan yang manis.
  2. Batasi memakan makanan yang tinggi asam fitat. Asam fitat akan menghambat penyerapan fosfor bersama dengan mineral lainm seperti kalsium, seng, magnesium maupun zat besi yang berkaitan dengan asam fitat.
  3. Menggunakan pasta gigi ataupun obat kumur yang mengandung florida.
  4. Minum suplemen yang mengandung mineral maupun vitamin.
  5. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat pertumbuhan gigi.

Demikian tips Cara merawat gigi berlubang bisa bermanfaat, dan dapat dijadikan sebagai bahan referensi.

Add Comment