Beberapa Gejala Menopause Pada Wanita Yang Harus Diperhatikan

Semua wanita akan mengalami menopause, yang merupakan hal normal dari proses penuaan yang dialami oleh wanita sepanjang masa reproduksinya. Menopause merupakan keadaan dimana berakhirnya siklus menstruasi secara permanen, dan menghilangnya fungsi dari ovarium dalam menghasilkan sel telur.

Pada umumnya seorang wanita akan mengalami masa menopause antara usia 45-50 tahun. Akan tetapi terdapat beberapa wanita yang mengalami menopause terlalu dini dari angka usia pada umumnya. Hal tersebut dilatarbelakangi karena adanya riwayat kesehatannya.

Menopause Pada Wanita Beberapa Gejala Menopause Pada Wanita Yang Harus Diperhatikan

Gejala menopause pada wanita mempunyai sifat individual sehingga masing-masing wanita mempunyai gejala yang berbeda-beda. Berikut beberapa gejala menopause pada wanita yang kerap terjadi :

  1. Hot Flashes

Merupakan gejala menopause pada wanita dimana perubahan warna pada kulit menjadi memerah, dan berkeringat. Termasuk di dalam gejala yang paling tampak, dan dialami oleh setiap wanita yang memasuki masa menopause. Hal ini disebabkan adanya perubahan hormonal, sehingga pembuluh darah menjadi lebar dan berupaya untuk mendinginkannya.

Biasanya hot flashes disertai dengan meningkatnya denyut jantung. Hot flashes dapat dikurangi dengan menghindari kafein, makanan yang pedas, merokok, serta minuman beralkohol.

…sebelum lanjut baca,

Beberapa Gejala Menopause Pada Wanita Yang Harus Diperhatikan

silahkan catat Artikel Rekomendasi ini  :

  1. Terjadi Perubahan Mood

Hampir seluruh wanita yang masuk masa menopause, akan mengalami gejala menopause yang satu ini. Yaitu menjadi lebih sensitif, perubahan mood ini biasanya terjadi sebelum, dan selama masa menopause. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan yang terjadi pada hormon kewanitaan. Hormon tersebut yang berperan aktif dalam mengatur hormon-hormon pada wanita, misalnya perubahan mood, mengendalikan emosi, dan hormon seksual.

 

  1. Insomnia, atau Tidak Dapat Tidur

Adalah keadaan yang sering dialami oleh semua wanita yang mengalami gejala menopause pada wanita. Kebanyakan akan sering terbangun pada waktu malam, karena sering ke kamar mandi untuk BAK, berkeringat yang berlebihan sehingga kesulitan untuk tidur kembali.

 

  1. Siklus Menstruasi menjadi Tidak Teratur

Gejala menopause pada wanita juga akan mengalami berhentinya menstruasi dalam kurun waktu 12 bulan, sejak menstruasi terakhir. Hal ini terjadi karena ovarium sudah tidak berfungsi lagi untuk menghasilkan sel telur, dan sudah tidak dapat memproduksi hormon yang mempengaruhi siklus menstruasi.

 

  1. Hilangnya Nafsu untuk Berhubungan Seksual

Hal ini disebabkan karena menurunnya hormon esterogen yang membuat vagina tidak menghasilkan lendir, atau mengering, sehingga akan membuatnya malas untuk melakukan hubungan seksual.

 

  1. Inkontenensia

Pengeluaran urine yang tidak dapat dicegah, pada saat tertawa, atau waktu bersin. Hal ini disebabkan karena otot halus pada kandung kemih, sudah tidak lentur lagi.

in

  1. Peningkatan Berat badan

Berkurang hormon eterogen di dalam tubuh akan membuat endapan lemak semakin menumpuk. Sehingga berat badan meningkat, utamanya pada bagian paha, perut, lengan atas, bokong, dan bagian pinggang.

Gejala menopause pada wanita tidak dapat dihindari dan menimbulkan ketidaknyamanan, semua wanita pasti akan mengalami masa ini. Adapun tips untuk mencegah gejala pada menopause semakin parah, yaitu :

  1. Mengkonsumsi susu.
  2. Pada saat memasak sayuran, jangan terlalu lama karena dapat melarutkan vitamin yang ada di dalam sayuran tersebut.
  3. Memperbanyak asupan phytoesterogen, untuk menambah hormon seksual pada wanita. Phytoesterogen terdapat di dalam bahan makanan dari kedelai tahu dan tempe, serta terdapat di gandum.
  4. Mengganti minyak goreng, dengan minyak zaitun dan gunakan mentega yang kalorinya rendah.
  5. Melakukan olahraga dengan teratur, untuk menstabilkan ovulasi karena adanya gejala menopause pada wanita.
  6. Tidak boleh merokok, karena akan mengakibatkan terjadi menopause dini.
  7. Mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, yang dapat menunda proses penuaan.

Semoga informasi tentang gejala menopause pada wanita dapat bermanfaat.

Add Comment