9 Cara Efektif Mengatasi Keputihan Yang Gatal

Keputihan merupakan hal yang tidak bisa lepas dari wanita. Salah satu masalah yang membuat tidak nyaman yaitu ketika keputihan menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Terlebih jika aktivitas anda banyak yang di lakukan di luar dan berjumpa dengan banyak orang. Tentunya hal ini membuat anda tidak percaya diri.

Gatal pada daerah kewanitaan disebabkan oleh jamur candida albicans. Jamur pada vagina ini harus di tangani dengan tepat, karena dapat meningkatkan bakteri-bakteri untuk berkembang biak. Hal yang di timbulkan selain gatal-gatal, juga dapat menyebabkan nyeri saat buang air kecil hingga terasa sakit saat melakukan hubungan seksual. Keputihan yang disertai dengan rasa gatal ini dapat menular kepada pasangan seksualnya. Pada pria akan mempengaruhi Mr.P sehingga menyebabkan iritasi.

Sebelum mengetahui cara mengatasi keputihan gatal, berikut ciri-ciri keputihan gatal yang berbahaya :

  • Terdapat bau yang tidak sedap
  • Lendir yang di keluarkan banyak
  • Mempunyai warna kuning, kehijauan bahkan kecoklatan
  • Selangkangan terasa gatal
  • Rasa gatal berlebih yang mengakibatkan iritasi

 

Berikut Cara Mengatasi Keputihan Gatal yang bisa anda lakukan :

  1. Menjaga Kebersihan Miss V

Membersihkan area kewanitaan secara instan tidak menjamin kebersihan dan kesehatannya. Apalagi jika anda menggunakan sabun pembersih kewanitaan yang terdapat zat berbahan kimia yang dapat merusak perkembangan bakteri baik. Oleh sebab itu, membersihkan organ kewanitaan hanya cukup dengan air bersih saja lalu keringkan dengan handuk atau dengan tisu.

  1. Menjaga Kebersihan Pakaian Dalam

Cara mengatasi keputihan gatal berikutnya yaitu menjaga kebersihan pakaian dalam. Gunakan pakaian dalam yang bersih dan nyaman saat di kenakan. Pilihlah bahan pakaian dalam yang berbahan katun agar dapat menyerap keringat dengan baik. Jika tidak mendesak, hindari penggunaan pantyliner agar sirkulasi udara ke dalam vagina tetap lancar.

  1. Meminimalisir Penggunaan Bedak

Sebagian wanita ada yang menggunakan bedak di sekitar selangkangan atau pada lipatan paha, guna mengurangi gerah dan gesekan pada kulit. Sebaiknya jangan melakukan hal ini karena dapat mempengaruhi vagina anda.

  1. Hindari Makan Manis

Cara mengatasi keputihan gatal yang selanjutnya yaitu dengan cara mengurangi mengkonsumsi makanan yang manis, karena dapat meningkatkan resiko gatal pada  vagina. Makanan seperti buah dan sayur justru lebih baik untuk mengurangi masalah keputihan.

  1. Hubungan Seks Sehat

Berhubungan seks dapat beresiko menularkan jamur yang menyebabkan infeksi menular. Untuk itu menjaga kebersihan area kewanitaan sanggat penting.

  1. Hindari Celana Ketat

Celana yang ketat dapat menghambat peredaran darah pada area vagina, sehingga vagina mudah berkeringat. Keringat tersebut dapat membuat jamur menyebar dan menimbulkan rasa gatal. Usahakan tidak seharian memakai celana ketat agar sirkulasi udara terjaga dengan baik serta dapat membatasi perkembangan jamur.

  1. Mengganti Pembalut

Rajinlah mengganti pembalut minimal 4 jam sehari pada saat menstruasi. Jangan merasa pembalut tidak terlalu banyak haid masih aman di gunakan, padahal faktanya hal itu berpotensi menimbulkan iritasi.

  1. Hindari Menggaruk

Menggaruk pada area vagina anda yang sedang gatal justru akan menambah parah. Membilas vagina dengan air panas pun sangat tidak disarankan, karena akan membuat vagina bertambah merah. Sebaiknya anda menggunakan air es untuk mengompres vagina anda. Atau anda dapat menggunakan PK yang di campur dengan air dingin, kemudian tempelkan pada vagina anda dan diamkan selama beberapa menit.

  1. Hindari Stres

Cara mengatasi keputihan gatal berikutnya yaitu sebisa mungkin anda menghindari stress. Ini karena jika stress hormon dalam tubuh anda meningkat, sehingga dapat memicu sekresi pada vagina.

Itulah beberapa cara mengatasi keputihan gatal yang dapat anda praktekkan. Lakukan hal-hal tersebut agar masalah keputihan anda dapat teratasi dengan baik.

Add Comment