8 Cara Menghilangkan Bau Keputihan Dengan Cepat

adsense-fallback

Kemunculan bau tidak sedap pada daerah organ kewanitaan yang disebabkan oleh keputihan memang sangat mengganggu. Apalagi jika organ intim anda juga sering terasa gatal sampai mengeluarkan lendir yang berbau tidak sedap. Anda patut waspada karena bisa saja organ kewanitaan anda tersebut mengalami masalah. Hal ini disebabkan karena perubahan aktivitas, pola hidup yang tidak sehat hingga stress yang dapat memicu bertambahnya lendir yang di keluarkan oleh vagina.

Penyebab keputihan ini terjadi karena adanya jamur, bakteri serta virus. Meskipun keputihan memiliki jenis yang banyak, akan tetapi hal ini dapat membahayakan apalagi jika sudah menyerang serviks. Sehingga anda harus sesegera mungkin mengetahui cara menghilangkan bau keputihan dengan cepat. Bau menyengat pada vagina juga bisa di sebabkan adanya infeksi atau penyakit kelamin. Bahan celana dalam yang tidak menyerap keringat dan penggunaan sabun pembersih yang berlebihan juga dapat memicu munculnya bau tidak sedap pada area vagina.

adsense-fallback

Untuk itu, anda harus bisa mendeteksi keputihan sejak dini agar masalah keputihan anda bisa dicegah. Berikut ada beberapa cara menghilangkan bau keputihan yang bisa anda lakukan :

  1. Membersihkan organ kewanitaan

Cara menghilangkan bau keputihan yang cukup mudah untuk dilakukan yaitu jangan membersihkan atau membasuh bagian vagina anda dengan menggunakan sabun mandi, karena dapat menyebabkan vagina kehilangan kelembaban alaminya sehingga dapat berakibat terjadinya iritasi, keputihan berlebih dan bau yang tidak sedap. Hindari juga penggunaan pantyliner yang terlalu sering karena kuman dan bakteri dapat berkembang dengan baik pada daerah yang lembab.

  1. Waxing

Cara menghilangkan bau keputihan yang tidak kalah penting untuk dilakukan yaitu dengan melakukan waxing atau pencukuran rambut yang tumbuh pada area vagina secara teratur. Selain itu hal yang penting dilakukan terkait cara menghilangkan bau keputihan yaitu dengan rutin mengganti pembalut saat anda mengalami menstruasi. Gantilah pembalut minimal 4 jam sekali agar bakteri yang tersisa pada pembalut tidak masuk kembali ke dalam vagina.

  1. Air Cuka

Anda juga dapat menggunakan air hangat sebanyak 2 gelas yang di campur dengan dua sendok cuka apel sebagai cara menghilangkan bau keputihan. Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata, lalu basuhkan pada vagina anda. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa melakukannya dua kali dalam sehari.

  1. Ratus Spa

Cara menghilangkan bau keputihan secara tradisional yaitu anda bisa melakukan ratus spa. Ratus spa yaitu spa yang khusus untuk organ intim kewanitaan anda yang menggunakan bahan-bahan yang terdiri dari ratus bakar, ratus bubus dan ratus rebus.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya bisa juga di gunakan sebagai tanaman obat untuk vagina. Caranya campurkan 1 gelas air minum dengan sari daun lidah buaya yang sudah di cuci bersih. Kemudian haluskan dan campurkan sedikit madu agar rasanya lebih manis. Saat yang baik untuk meminum ramuan ini yaitu saat menjelang tidur.

  1. Daun Pandan

Daun pandan juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau keputihan secara efektif. Sebelum tidur anda bisa menumbuk 4-7 lembar daun pandan hingga halus. Setelah itu campurkan tumbukan daun pandan tersebut dengan air. Kemudian ambil sari dari perasaan daun pandan tersebut. Konsumsilah 2 kali dalam sehari. Untuk memberikan rasa yang lebih enak, anda bisa menambahkan sedikit madu.

  1. Daun Kemangi

Wangi yang khas dalam daun kemangi juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah bau keputihan. Caranya, tumbuk segenggam daun kemangi hingga halus kemudian tambahkan air. Setelah itu peras dan saring untuk mendapatkan sarinya. Konsumsilah pada pagi hari dan malam hari. Agar lebih nikmat anda juga bisa menambahkan madu sebagai pemanis.

Semoga informasi cara menghilangkan bau keputihan di atas bisa bermanfaat.