5 Gejala Diabetes Yang Terjadi Pada Wanita

Informasi terbaru 5 Gejala Diabetes Yang Terjadi Pada Wanita
Jaman sekarang penyakit diabetes dapat menyerang siapa saja. Baik wanita, pria, muda ataupun tua, sekarang mempunyai resiko untuk dapat terkena penyakit diabetes ini. Akan tetapi antara pria dan wanita mempunyai gejala diabetes yang berbeda. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang berbahaya, karena dapat menyebabkan komplikasi lainnya, yang beresiko pada nyawa si penderita.
Sebenarnya gejala diabetes antara pria dan wanita hampir sama, yaitu sama-sama membuat penderitanya merasa tidak nyaman dengan rasa sakit yang di timbulkan. Gejala diabetes pada wanita, ataupun pria apabila terdapat luka akan sulit untuk mengering, dan jika terlalu lama akan membusuk serta harus diamputasi. Hal ini dilakukan supaya luka tidak menyebar luas.
Diabetes mempunyai dua jenis, yakni diabetes yang tidak dapat memproduksi insulin sehingga harus di suntik supaya dapat bertahan, orang menyebutnya dengan diabetes kering. Dan yang kedua diabetes yang masih dapat memproduksi insulin sendiri, tapi mempunyai resiko besar terkena stroke, atau orang mengenalnya dengan diabetes basah.
Bahkan saat ini juga penyakit diabetes tidak mengenal umur, dari muda hingga tua mempunyai resiko terkena penyakit ini. Di bawah ini beberapa gejala diabetes pada wanita, yang sering dialami :
1. Merasa sering Haus, dan BAK
Gejala diabetes pada wanita yang pertama yaitu akan merasa sering haus, dan buang air kecil. Hal ini terjadi karena hormon insulin tidak bekerja dengan baik, yang membuat ginjal membutuhkan air yang sangat banyak untuk dapat bekerja. Sehingga penderita diabetes akan sering mengalami haus untuk memenuhi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh, dan ginjal yang tidak dapat bekerja dengan maksimal yang membuat kandung kemih sering terisi penuh, membuat penderita mengeluh sering buang air kecil.

2. Pandangan Mata Kabur
Diakibatkan karena adanya peningkatan pada kadar glukosa, yang membuat pembuluh darah menjadi rusak, dan membatasi jumlah cairan yang ada di mata. Sehingga penderita mengalami gejala diabetes pada wanita seperti pandangan menjadi kabur, dan tidak jelas. Gejala ini dapat kembali seperti semula, jika kadar gula dalam darahnya kembali normal.

3. Sering Merasa Capek, dan Mudah Emosi
Seorang wanita yang merasa tubuhnya sering mudah merasa capek, serta lelah, disebabkan karena pada saat malam hari mengalami insomnia, atau tidak dapat tidur harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Tentu saja dengan tidak dapat tidur saat malam hari, membuat seseorang lebih sensitif, dan mudah sekali tersinggung karena lelah yang dirasakan oleh si penderita.

4. Kesemutan
Tahap pertama gejala diabetes pada wanita yaitu kesemutan pada jari-jari kaki, dan tangan. Yang disebabkan karena adanya kerusakan pada sistem saraf, dan terkadang kesemutan yang dirasakan si penderita berlanjut ke mati rasa pada bagian tubuh tertentu lainnya.

5. Rentan Terkena Infeksi Jamur
Gejala diabetes pada wanita yang semakin lama tidak diobati akan semakin menurunkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga membuatnya mudah sekali terkena virus, dan dapat terjadi infeksi yang dikarenakan adanya jamur yang masuk. Bahkan jika mengalami luka untuk proses penyembuhannya juga membutuhkan waktu yang lama, dan ada yang sampai tidak mampu beregenarasi hingga membusuk, serta harus mengambil langkah amputasi. Hal ini dilakukan agar luka yang busuk tersebut, tidak menyebar ke daerah yang lainnya.
Adapun penyebab terjadinya gejala diabetes pada wanita, yaitu :
1. Berat badan yang tidak terkontrol, sehingga terjadi obesitas yang membuat seseorang sangat rentan mengalami gejala diabetes pada wanita.
2. Tidak pernah olahraga.
3. Tidak menjaga pola makan, dan hidup yang sehat.
4. Faktor keturunan.
Itulah 5 gejala diabetes pada wanita serta penyebabnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat, sehingga mulai sekarang untuk menjaga pola hidup sehat.

Add Comment