5 Ciri Penyakit Jantung Lemah

Jantung memegang peranan yang vital bagi tubuh manusia. Meskipun berukuran sekepalan tangan, jantung ternyata berperan sangat besar dalam peredaran darah keseluruh tubuh. Jantung berfungsi sebagai alat pemompa darah agar darah dapat diedarkan keseluruh tubuh. Namun, seringkali jantung memiliki beragam masalah. Salah satunya adalah lemah jantung atau penurunan kinerja otot jantung, sehingga jantung tidak berfungsi seperti sebagaimana mestinya. Orang awam sering dibuat bingung dengan kelainan ini. Untuk mengetahui apakah kita terkena penyakit jantung lemah, berikut ini ada 5 ulasan ciri – ciri penyakit jantung lemah:

Ciri Penyakit Jantung Lemah Detak Jantung Terlampau Cepat dan Tidak Teratur

  1. Adanya Sesak Nafas

Apabila Anda sering mengalami sesak nafas pada saat sedang beraktifitas atau berolahraga, maka bisa jadi sesak nafas yang Anda alami adalah salah satu ciri penyakit jantung lemah. Namun, jangan gegabah dalam menentukan suatu jenis penyakit. Tindakan yang paling tepat ketika Anda mengalami sesak nafas adalah mengunjungi tim medis atau dokter agar bisa dilakukan pengecekan lebih lanjut. Karena sesak nafas juga bisa menunjukkan adanya kelainan pada organ paru – paru Anda.

  1. Detak Jantung Terlampau Cepat dan Tidak Teratur

Jantung mempercepat detak jantung atau denyut nadi untuk mengimbangi ketidakmampuannya dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Pada penderita jantung lemah, biasanya jantung akan berdetak terlampau cepat dan tidak teratur. Atau dengan kata lain, Anda akan sering mengalami jantung berdebar – debar tanpa sebab yang jelas.

  1. Mudah Merasakan Kelelahan

Ciri penyakit jantung lemah yang selanjutnya adalah mudahnya tubuh mengalami kelelahan yang berlebihan meskipun hanya melakukan aktivitas ringan. Penyebab dari kelelahan yang berlebihan ini adalah pemompaan darah yang tidak sempurna sehingga darah tidak beredar secara baik keseluruh bagian tubuh.

  1. Mengalami Batuk Kronis

Kinerja jantung yang lemah ternyata berpengaruh besar terhadap paru – paru. Jantung lemah bisa mengakibatkan penumpukan cairan didalam paru – paru. Akibatnya, timbullah batuk kronis yang sulit disembuhkan. Ciri penyakit jantung lemah yang satu ini biasanya hadir dengan adanya lendir atau darah pada saat batuk. Namun, tidak semua gejala batuk yang disertai lendir dan darah adalah ciri penyakit jantung lemah.

  1. Menurunnya Nafsu Makan

Akibat kurang lancarnya darah yang mengalir keseluruh tubuh, utamanya kedalam organ pencernaan dan organ hati, maka penderitanya akan merasakan mual dan sensasi kenyang atau begah pada perut walaupun perut sedang dalam keadaan kosong.

Jika Anda mengalami kelima ciri penyakit jantung lemah diatas, sebaiknya Anda patut waspada. Namun yang perlu Anda perhatikan, Anda jangan gegabah dalam menentukan jenis penyakit. Agar lebih pasti, silakan kunjungi dokter, klinik, atau Rumah Sakit terdekat agar bisa segera dilakukan pengecekan lebih lanjut. Menjadi waspada dan mengetahui ciri penyakit jantung lemah merupakan salah satu sarana pencegahan terjadinya penyakit yang lebih serius. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Add Comment