Faktor Penyebab Jantung Berdebar Saat Hamil

Saat hamil, ibu harus menjaga kesehatan tubuhnya agar sang janin yang berada didalam kandungan juga sehat. Saat mengalami masa kehamilan, sang ibu akan rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah jantung berdebar.Banyak sekali para ibu yang belum mengetahui penyebab jantung berdebar saat hamil. Jantung berdebar dapat menjadi tanda adanya suatu penyakit didalam tubuh sang ibu. Oleh karena itu sangat penting mengetahui penyebab dari jantung berdebar. Berikut beberapa penyebab jantung berdebar saat hamil :

  • Stress

Ibu hamil biasanya akan mengalami stress, dan ini merupakan salah satu penyebab jantung berdebar saat hamil. Stress yang terjadi karena pada ibu hamil ada perubahan hormonal. Stress tersebut akan meningkatkan tekanan darah dan membuat detak jantung menjadi lebih cepat. Oleh karena itu banyak dokter kandungan yang menyarankan agar ibu hamil tidak mengalami stress, karena akan berdampak pada sang janin didalam kandungan.

  • Perubahan tubuh sang ibu

Pada saat ibu mengalami masa kehamilan, akan terjadi beberapa perubahan didalam tubuh ibu hamil. Salah satunya adalah sang ibu harus memompa darah 50 % lebih banyak dari biasanya, memompa darah lebih banyak agar kebutuhan darah ibu dan janin terpenuhi. Kinerja jantung yang tiba-tiba memompa darah lebih cepat membuat jantung stress dan membuat jantung berdetak lebih cepat, sehingga membuat jantung berdebar. Dan hal tersebut merupakan penyebab jantung berdebar saat hamil yang paling wajar dan biasa terjadi pada ibu hamil. Jantung berdebar ini akan dialami oleh ibu hamil selama kehamilan, namun tidak terus menerus terjadi.

  • Terdapatnyaasupan kafein yang berlebih

Selain penyebab wajar, terdapat juga penyebab jantung berdebar saat hamil karena minuman atau makanan yang tidak baik untuk tubuh, salah satunya adalah kafein.Jantung berdebar yang ibu hamil alami dapat terjadi karena asupan kafein didalam tubuh berlebih.Beberapa minuman yang mengandung kafein adalah teh dan kopi.Ibu hamil diperbolehkan mengonsumsi teh dan kopi, namun tidak diperbolehkan mengonsumsi secara berlebihan. Karena mengonsumsi teh dan kopi yang berlebihan membuat kadar kafein didalam tubuh menjadi banyak, dan kafein merupakan zat yang memicu jantung berdetak lebih cepat.

  • Stress fisik

Saat ibu hamil, sangat disarankan untuk melakukan latihan kehamilan.Namun yang harus ibu hamil lakukan adalah melakukan latihan dengan cukup. Karena latihan fisik yang dilakukan secara berlebih atau terus-menerus akan membuat tubuh mengalami stress fisik. Stress fisik dapat menjadi penyebab jantung berdebar saat hamil. Jika anda berlatih dengan berlebih akan membuat tubuh menjadi mudah lelah.

  • Anemia

Salah satu penyebab jantung berdebar saat hamil adalah karena kurangnya hemoglobin didalam tubuh.Hemoglobin dapat ditemukan di dalam sel-sel darah merah.Dan untuk memenuhi kebutuhan hemoglobin didalam tubuh anda memerlukan banyak asupan zat besi. Jika tubuh anda kekurangan zat besi, pembentukan hemoglobin akan mengalami gangguan berupa anemia, dan anemia ini akan membuat jantung menjadi berdebar, karena jantung mencoba untuk memompa darah lebih banyak (karena tubuh kekurangan sel-sel darah merah).

  • Kekurangan magnesium

Saat ibu hamil, sangat disarankan untuk tidak melakukan diet, kalaupun harus diet harus melakukan diet sehat dan sesuai anjuran dokter. Ini karena jika ibu hamil menjalankan program diet akan membuat tubuhnya kekurangan nutrisi yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah magnesium.Dan kekurangan magnesium ini menjadi salah satu penyebab jantung berdebar saat hamil.selain membuat jantung berdebar, kekurangan magnesium juga membuat ibu hamil mengalami mual hingga muntah.

Itulah beberapa penyebab jantung berdebar saat hamil yang wajib diketahui oleh para ibu hamil.sehingga jika hal tersebut hal wajar, ibu hamil tidak perlu mengonsumsi obat-obatan. Semoga bermanfaat.

Save

Add Comment